Pemkot
Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud

Pemkot Balikpapan Angkat 727 PPK Guru

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Program guru penggerak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang bertujuan untuk menghasilkan kepemimpinan pendidikan di Indonesia. Mendapat apresiasi dari Pemkot Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud mengatakan, Pemkot Balikpapan menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atas dibukanya program Guru Penggerak.

“Kota Balikpapan dalam rangka memenuhi kebutuhan SDM Guru, Pemerintah Kota Balikpapan juga telah mengangkat sebanyak 495 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Pendidikan di tahun 2021,” ujarnya, Minggu (27/11/2022).

Rahmad Masud menambahkan, dan untuk Tahun 2022 ini, sebagaimana yang ditetapkan Kementerian PAN-RB, Pemkota Balikpapan akan mengangkat 727 PPPK Guru.

“Yang saat ini, dalam tahapan masa sanggahan seleksi administrasi dan pengumuman, atas sanggahan seleksi administrasi,” paparnya.

Pemkot Balikpapan juga saat ini, lanjutnya, telah melaksanakan sejumlah program seperti menggratiskan beberapa seragam sekolah. Dan komitmen ini akan diteruskan hingga tahun 2023 mendatang.

“Ini wujud kepedulian Pemerintah Kota Balikpapan kepada sekolah, terutama yang di bawah dalam naungan pemerintah, yakni SD dan SMP,” ucapnya.

“Selain itu juga ada subsidi seragam sekolah gratis, intensif guru PAUD, insentif guru swasta, insentif guru dan insentif untuk siswa miskin. Ini bagian dari ikhtiar Pemerintah Kota Balikpapan, untuk mencerdaskan anak-anak kita,” tutupnya.

Guru Penggerak merupakan guru-guru terbaik bangsa yang merasa terpanggil untuk mendorong perubahan pendidikan negeri ini ke arah yang lebih baik.

Kehadiran Guru Penggerak diharapkan menjadi pemimpin – pemimpin pendidikan di masa depan yang mampu menelurkan embrio generasi unggul Indonesia.

Pada hakikatnya Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif.

Perannya juga ikut serta mendorong tenaga pendidik lainnya agar menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Guru Penggerak ini adalah guru-guru terpilih yang telah melewati serangkaian seleksi yang ketat yang datang dari seluruh penjuru Indonesia. Setidaknya ada 3 tahapan yang mesti dilalui bagi calon Guru Penggerak, yakni; Proses seleksi (2 tahap), Pendidikan dan Pengukuhan Guru Penggerak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *