PMK
Puluhan rumah dan sejumlah rumah toko yang berada di RT 27 dan RT 30 Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota hangus terbakar, Selasa (9/8/2022).

Pemukiman Warga di RT 27 dan 30 Klandasan Ulu Ludes Terbakar

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kota Balikpapan, kali ini menghanguskan puluhan rumah dan sejumlah rumah toko yang berada di RT 27 dan RT 30 Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Kebakaran ini membuat panik warga setempat yang kawasannya merupakan pemukiman padat penduduk.

Warga berlarian keluar rumah, sebagian warga berusaha menyelamatkan anak-anak dan orang tua mereka yang lanjut usia keluar dari lokasi kebakaran. Dan sebagian lagi berusaha menyelamatkan barang berharga milik mereka.

“Saat terjadi kebakaran, saya lagi masak, sekitar jam 11.00 Wita itu. Awalnya hanya ada asap, tapi nggak lihat ada api, saya kira ada orang bakar sampah,” ujarnya Isna warga setempat, Selasa (9/8/2022).

Isna menambahkan, ia baru sadar ada kebakaran saat mendengar ada teriakan saling bersahutan bahwa ada kebakaran di perkampungannya.

“Pas saya keluar baru saya lihat api itu sudah besar. Dari rumah yang belakang itu,” jelasnya.

Sedangkan warga lainnya Sariyati mengaku, dalam musibah ini rumahnya juga turut terbakar dan tidak sempat menyelamatkan barang barang berharganya.

“Gak sempat mas, ini cuma bawa baju di badan dan sama anak aja,” ujarnya lirih.

Ditambahkannya, ia tidak mengetahui asal api namun saat kejadian ia mendengar warga ada teriak ada kebakaran, sehingga ia langsung ke luar rumah.

“Rumah di lokasi rapat rapat mas, itu juga rata-rata bangunannya semi permanen,” ujarnya sambil meneteskan air mata.

Kabid Kedaruratan BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali mengatakan, BPBD Kota Balikpapan setelah mendapatkan informasi tentang terjadinya musibah kebakaran ini langsung mengerahkan seluruh unit Mobil PMK termasuk mobil water supply.

“Ada sebanyak 16 unit mobil PMK yang kita terjunkan dari seluruh UPT, termasuk juga mobil PMK milik PT PHM, dan dua unit mobil water canon milik Sat Brimob Polda Kaltim dan Sabhara Polresta Balikpapan,” ujarnya.

Usman menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan jumlah rumah dan ruko yang terbakar, namun yang jelas kebakaran ini terjadi di RT 27 dan RT 30 Klandasan Ulu, Balikpapan Kota.

“Kami masih lakukan pendataan, dua jam ke depan akan dilakukan proses pendinginan,” tegasnya.

Kendala petugas di lapangan, lanjutnya, adalah pada saat kejadian bertepatan dengan waktu istirahat para pekerja, sehingga jalanan cukup padat dan menyulitkan mobil PMK ke lokasi kejadian.

“Selain itu, bangunan terbakar ini terbuat dari kayu, dan angin dari laut bertiup sangat kencang dari laut ke darat,” paparnya.

Kasat Reskrim Polresta Balikpapan, Kompol Rengga Puspo Saputro mengatakan, pihaknya sudah memintai keterangan kepada sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi kejadian, terkait musibah kebakaran ini.

“Ada sejumlah warga yang sudah kita bawa ke kantor untuk dimintai keterangan, dari keterangan awal api berasal dari rumah warga yang berada di belakang ruko,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan memasang garis polisi di lokasi kejadian untuk keperluan penyelidikan.

“Kita akan pasang police line, namun setelah upaya pemadaman telah selesai dilakukan,” tutupnya.

Sementara itu, sekitar pukul 13.10 wita api dapat dipadamkan petugas pemadam dibantu kepolisian, relawan. Sedangkan data sementara ada 10 rumah warga yang terbakar dan 6 unit ruko yang juga terbakar diantaranya gudang milik Toko Susana, toko obat, bilyar dan rumah kost hijau berlantai tiga dan penginapan Oyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *