Pertamina
Pembangunan Green House Anggur dilahan tidur ini digagas LKM Semarak Bina Mandiri Muara Rapak dan PT KPI Unit Balikpapan, (Selasa, 10/01/2023).

Pertamina & LKM Semarak Bina Mandiri Bangun Green House Anggur

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Banyak cara dilakukan untuk memanfaatkan lahan tidur. Salah satunya digagas oleh Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Semarak Bina Mandiri Kelurahan Muara Rapak melalui pembangunan Green House Anggur. Pembangunan Green House Anggur yang diresmikan hari ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. (Selasa, 10/01).

Peresmian Green House Anggur di Kelurahan Muara Rapak ini ditandai dengan penanaman bibit bersama Sekretaris Camat Balikpapan Utara, Lurah Muara Rapak, Staf CSR PT KPI Unit Balikpapan, Koordinator LKM Semarak Bina Mandiri, Ketua RT 04 dan didampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Muara Rapak. Acara ini juga dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga sekitar.

“Adanya Green House Anggur ini diharapkan bisa memberikan kontribusi terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya green house ini diharapkan bisa meningkatkan ketertarikan warga untuk menekuni bidang pertanian,” kata Koordinator LKM Semarak Bina Mandiri Kelurahan Muara Rapak Adi Suwito dalam sambutannya.

Program ini pun mendapat dukungan dari Pemerintah Kecamatan Balikpapan Utara. Sekretaris Kecamatan Balikpapan Utara Wahyu Mulia Donny Saputra menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan Balikpapan Utara memiliki program untuk menjadikan kelurahan-kelurahan di Kecamatannya menjadi kampung-kampung tematik.

“Green House Anggur ini bisa menjadi potensi untuk bisa dikembangkan, agar Balikpapan Utara memiliki banyak kampung tematik kedepannya,” ujar Donny.

Hal senada disampaikan oleh Lurah Muara Rapak Bima Wibisono. Bima mengharapkan agar program ini nanti bisa terus berjalan dan dikembangkan. Menurut Bima, pengembangan program ini dapat dikembangkan menjadi produk turunan dan dapat dikembangkan secara terus menerus.

“Saya berharap dapat tercipta produk turunan dari green house anggur ini seperti sambal dan juga kripik dari daun anggur. Selain itu saya berharap program ini dapat berlanjut secara terus menerus,” harap Bima.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan bahwa program ini mendapat dukungan dari perusahaan selaras dengan program Kampung Iklim yang juga merupakan binaan PT KPI Unit Balikpapan.

“Green House Anggur diharapkan dapat menjadi inisiatif dan contoh bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan lahan agar produktif serta mengenalkan budidaya anggur pada warga sekitar,” ucap Chandra.

Menurut Chandra, antusias yang ditunjukkan warga menyambut Green House Anggur ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk secara kontinyu ikut serta merawat dan nantinya dapat meningkatkan produk olahan turunan dari buah anggur.

Chandra juga menyampaikan bahwa program ini diharapkan dapat menjadi peluang bagi peluang berkarya bagi masyarakat sekitar. “Berdirinya Green House ini tentu menjadi peluang berkarya di RT 04 Kelurahan Muara Rapak, tidak hanya terbatas pada buah anggurnya saja melainkan juga produk olahan turunannya. Green House Anggur ini juga diharapkan dapat menjadi sarana beraktivitas yang positif untuk warga di RT 04 agar local hero. Kami tentunya berharap tokoh-tokoh seperti Pak Hartono dapat menularkan ilmu budidaya anggurnya ke banyak pihak,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *