Pemkot
Perumda Tirta Manuntung Kota Balikpapan terus berupaya meningkatkan pelayanan ke masyarakat, salah satunya dengan pembuatan akses lubang sedot ke septic tank. Rabu (2/11/2022).

Perumda Tirta Manuntung Kota Balikpapan Buat 2.000 Lubang Sedot Tinja

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Perumda Tirta Manuntung Kota Balikpapan terus berupaya meningkatkan pelayanan ke masyarakat, salah satunya dengan pembuatan akses lubang sedot ke septic tank.

Kabag IPAL Perumda Tirta Manuntung Balikpapan, H Sungkowo mengatakan, pada tahun 2022 ini rencananya dibangun 2.000 akses lubang sedot yang banyak dilaksanakan di daerah Lamaru dan Teritip, Balikpapan Timur.

“Untuk tahap pertama ada 1.000 titik lubang sedot yang sudah berjalan sejak 19 Mei 2022 lalu, dan dilanjutkan terus hingga 2.000 lubang pada tahun ini,” ujar Sungkowo, Rabu (2/11/2022).

Sungkowo menerangkan, memang banyak akses lobang yang tidak standar, kalau tidak mensiasati hal begini banyak warga yang tidak mau membangun akses lubang tersebut .

“Malah saat study di Solo disana itu tudak dibangunkan akses lubang, jadi pihak perumda menyedot dengan membongkar septic tank dan untuk mengembalikan terserah dan dengan biaya sendiri dari warga,” paparnya.

Berbeda dengan di Balikpapan, Perumda Tirta Manuntung yang nembuatkan akses lubangnya, pada tahap uji coba awal dibuat 250 unit pada 2021 wilayahnya terpencar ada di perumahan Pemda perkantoran, dan responnya cukup baik.

“Selama ini warga takut karena risiko buat ini bisa hancurkan septic tank,” ucapnya.

Sedot WC perlu dilakukan karena di dalam sebuah septic tank terdapat beberapa bagian berbeda, mulai dari bagian yang terberat akan berada di bagian paling bawah dan kotoran yang ringan akan berada di permukaan atas. Seiring dengan penggunaan yang dilakukan secara rutin, maka isi dari tangki pembuangan tersebut akan menjadi semakin penuh dan perlu dibuang supaya isinya tidak mencemari kemana-mana.

Septic tank yang penuh juga akan membuat proses flushing menjadi lebih sulit dan membuat Anda menjadi lebih sulit untuk membuang kotoran Anda supaya masuk ke dalam WC. Tidak hanya itu saja, septic tank yang penuh juga akan mengeluarkan aroma yang sangat tidak sedap. Aroma tersebut akan sangat mengganggu lingkungan sekitar rumah Anda dan termasuk ke dalam salah satu pencemaran lingkungan yang sangat berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *