Pertamina
Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar sadar dengan kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang anak balita, mitra binaan PT KPI Unit Balikpapan, kelompok Posyandu Dewi Shinta menggelar kegiatan Apresiasi Posyandu Sehat di Desa Giri Mukti (Sabtu, 07/01)

Posyandu Dewi Shinta Berikan Apresiasi

image_pdfimage_print

Giri Mukti, Gerbangkaltim.com – Kesehatan menjadi salah satu pilar program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang dilaksanakan oleh Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan. Pilar ini dilaksanakan melalui program Warga Siaga Sehat (Wasiat) Dewi Shinta di Desa Giri Mukti, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar sadar dengan kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang anak balita, mitra binaan PT KPI Unit Balikpapan, kelompok Posyandu Dewi Shinta menggelar kegiatan Apresiasi Posyandu Sehat di Desa Giri Mukti (Sabtu, 07/01)

“Keberadaan Posyandu memegang peranan penting sebagai salah satu garda terdepan pelayanan kesehatan ibu dan tumbuh kembang balita,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin.

Oleh karena itu, menurut Chandra, PT KPI Unit Balikpapan melaksanakan program Wasiat tidak hanya di Kota Balikpapan, namun juga di Kabupaten PPU.

“Program Wasiat di Desa Giri Mukti dilakukan bekerja sama dengan Posyandu Dewi Shinta. Posyandu ini terus berupaya melakukan peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui penimbangan, pemberian vitamin dan imunisasi untuk mengantisipasi penyakit yang rentan terjadi,” jelas Chandra.

Kegiatan tersebut kata Chandra dilakukan dengan melibatkan partisipasi aktif kader posyandu dalam peningkatan kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang balita.

“Untuk terus mendukung semangat pada Kader, dilakukan pemberian apresiasi untuk kader Posyandu yang telah aktif berpartisipasi dalam proses peningkatan kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang balita. Apresiasi juga diberikan kepada ibu yang berhasil memberikan ASI eksklusif, balita yang rutin melakukan penimbangan di posyandu, dan ibu hamil yang rutin melakukan pemeriksaan di posyandu,” ujar Chandra.

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada seluruh peserta yang rutin melakukan pengecekan kesehatan di Posyandu Dewi Shinta.

“Kami berharap dengan apresiasi ini, dapat meningkatkan partisipasi kader dalam menumbuhkan kesadaran kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang balita, khususnya di Desa Giri Mukti,” harap Chandra.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Kelompok Posyandu Dewi Shinta Sahriyah juga menyampaikan hal yang sama. “Kegiatan tersebut merupakan bentuk apresiasi Posyandu kepada kader yang telah aktif dalam melakukan pemeriksaan kesehatan di Posyandu Dewi Shinta,” kata Sahriyah.

Apresiasi disampaikan oleh Pemerintah Desa Giri Mukti melalui Ketua PKK Desa Giri Mukti. “Saya mengucapkan terimakasih terhadap semua kader yang sudah bersemangat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan khususnya pada ibu hamil dan tumbuh kembang balita. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pertamina yang telah mendampingi Posyandu binaan sejak dua tahun lalu,” kata Ketua PKK Desa Girimukti Triesna.

Pada kesempatan itu juga hadir perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten PPU. Dia menyampaikan harapannya agar program yang dilaksanakan di Kabupaten PPU dapat juga ditularkan ke Posyandu lainya.

ā€¯Sungguh luar biasa dan membanggakan. Kedepannya, semoga dapat menularkan ke Posyandu lainnya,” tutup Koordinator Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten PPU Yolanda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *