Presiden Joko Widodo saat menyampaikan keterangan tentang pemberian vaksin dosis ketiga di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 11 Januari 2022. Foto: BPMI Setpres.

Presiden, Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga Gratis untuk Rakyat Indonesia

Jakarta, Gerbang Kaltim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, vaksin dosis ketiga (booster) akan diberikan secara gratis untuk seluruh rakyat Indonesia. Hal itu dikatakan Presiden di Istana Merdeka, Selasa (11/1/2022).

Presiden secara resmi mengumumkan pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) akan dimulai pada 12 Januari 2022 dengan prioritas masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan.

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena, sekali lagi saya tegaskan, bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” ujar Presiden Jokowi.

Seperti dilansir https://www.presidenri.go.id/, Pemberian vaksin dosis ketiga (booster), jelas Presiden Jokowi, dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dari paparan virus Corona yang terus bermutasi. Vaksin booster ini juga akan diberikan kepada masyarakat sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dibutuhkan penerima vaksin.

“Syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi mengimbau, agar masyarakat tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) meski sudah di vaksin.

“Saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19,” ujar Presiden menyarankan.

Terkait dengan vaksinasi, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan bahwa capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai lebih dari 280 juta dosis. Capaian tersebut membawa Indonesia naik menjadi peringkat empat dunia dari sisi jumlah rakyat yang telah mendapat suntikan vaksin, melampaui Brasil.

“Kita bisa menembus angka 169 juta rakyat Indonesia yang sudah divaksinasi dosis pertama melampaui Brasil yang 166 juta. Kita ada di bawah China 1,2 miliar, India 880 juta, dan Amerika Serikat 246 juta,” papar Menkes dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, Senin (10/1/2022). (BPMI Setpres).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: