Bank
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan didamping Direktur Business Banking CIMB Niaga Rusly Johannes, Chief of Network and Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung, dan Head of Region Kalimantan & Indonesia Timur CIMB Niaga Alip Hanoky saat acara Silaturahmi Media bertema “Kinerja CIMB Niaga Q3-2022” di Balikpapan, Kamis (17/11/2022).

PT Bank CIMB Niaga Tbk Bukukan Laba Rp5 Triliun Sepanjang Tahun 2022

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) sepanjang tahun 2022 berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp 5 triliun atau naik sebesar 22,5 persen year-on-year (“Y-o-Y”).

Kinerja solid pada sembilan bulan pertama 2022 ini capai seiring dengan pertumbuhan bisnis yang baik, biaya yang terkendali, dan tren kualitas underlying asset yang lebih baik. Hasil ini mendorong CIMB Niaga untuk terus memberikan nilai tambah kepada para shareholders.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan menyebutkan pihaknya saat ini memiliki 418 cabang diantaranya ada cabang digital dan cabang syariah.

“Kemampuan CIMB Niaga bukan hanya secara fisik tapi juga kemampuan digital yang diwakili octo mobile, octo flix dengan basis internet banking dan juga non ritel punya bizchannel,” ujarnya dalam Media Session Pertumbuhan Kinerja CIMB Niaga Q3-2022 di Balikpapan, Kamis (17/11/2022).

Lani mengatakan, saat ini PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memiliki 7 juta nasabah, diantaranya 3 juta nasabah aktif gunakan digital chanel terutama penggunaan Octo mobile. Sedangkan untuk octo flix atau berbasis internet bangking sebut Lani juga banyak digunakan pelaku usaha UKM.

Lani juga menjelaskan, per 30 September 2022, CIMB Niaga semakin memperkuat posisi sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset dengan total aset mencapai Rp307,0 triliun.

“Capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) CIMB Niaga masing-masing sebesar 21,0% dan 86,9%. Adapun return on equity (ROE) sebesar 12,9% yang menunjukkan kemampuan CIMB Niaga untuk mencetak laba semakin kuat,” paparnya.

Lanjut Lani CIMB Niaga akan senantiasa menjaga hasil kinerja yang positif hingga akhir tahun 2022 terutama pada pertumbuhan di segmen-segmen utama Bank yaitu pada Kredit Pemilikan Mobil (KPM), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Emerging Business Banking (EBB)/Usaha Kecil Menengah (UKM), dan korporasi.

“Dengan posisi permodalan dan likuiditas bank yang kuat serta implementasi strategi bisnis yang secara konsisten kami jalankan, kami yakin akan dapat mencapai target finansial yang kami telah tetapkan di tahun 2022,” ujar Lani yang didamping Direktur Business Banking CIMB Niaga Rusly Johannes, Chief of Network and Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung, dan Head of Region Kalimantan & Indonesia Timur CIMB Niaga Alip Hanoky.

Untuk pertumbuhan kredit sebut Lani, CIMB Niaga meraih doubel digit sesuai ekspektasi yakni 10 persen. Hal ini dimotori oleh kredit ritel, corporate dan commercial.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan (tengah) bersama Direktur Business Banking CIMB Niaga Rusly Johannes (kiri) dan Chief of Network and Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung (kanan) berbincang sesaat sebelum Silaturahmi Media bertema “Kinerja CIMB Niaga Q3-2022” di Balikpapan, Kamis (17/11/2022).

Dari sisi pendanaan, total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) yang berhasil dihimpun perseroan mencapai Rp221,9 triliun dengan rasio CASA meningkat menjadi 67,7%.

“Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam memberikan yang terbaik kepada para nasabah, belum lama ini kami meluncurkan kampanye Customer Experience bertajuk ‘Anda #YangUtama’. Inisiatif ini menegaskan komitmen kami untuk para nasabah yang telah menaruh kepercayaan kepada CIMB Niaga,” ungkapnya.

Dari sisi fungsi intermediasi, per 30 September 2022, jumlah kredit/pembiayaan yang disalurkan CIMB Niaga sebesar Rp194,7 triliun, terutama dikontribusikan oleh pertumbuhan pada Corporate Banking (+12,8%) dan Consumer Banking (+14,7%). Pada segmen Consumer Banking pertumbuhan terutama berasal dari KPR yang naik sebesar 8,6% Y-o-Y, sementara KPM meningkat sebesar 52,4% Y-o-Y, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah, karyawan, dan stakeholders atas kepercayaan dan dukungannya terhadap CIMB Niaga selama 67 tahun ini. Kami akan terus secara konsisten menyediakan pengalaman terbaik melalui kualitas layanan, produk, teknologi, dan inovasi, sehingga kami dapat mewujudkan aspirasi menjadi bank pilihan bagi bisnis dan masyarakat Indonesia, termasuk bagi masyarakat di Kalimantan dan Indonesia Timur,” jelasnya.

Ke depan, CIMB Niaga akan berfokus pada strategi utama yang menjadi keunggulan, termasuk akselerasi pertumbuhan bisnis pada segmen-segmen yang profitable, implementasi sustainability dalam menjalankan proses perbankan, terus meningkatkan kualitas aset, manajemen risiko dan penjagaan permodalan yang kuat.

“CIMB Niaga juga terus berinvestasi pada inovasi layanan digital yang dikombinasikan dengan jaringan omni-channel. Hal ini diharapkan akan semakin meningkatkan customer experience, daya saing, resiliency dan memberikan nilai tambah bagi nasabah,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *