Pemkot
Pemkot Balikpapan menggelar ceramah motivasi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri dan Silaturahmi Anggota Korpri Kota Balikpapan dalam Rangka Hut Ke 51 Korpri Tahun 2022, Selasa (15/11/2022) malam.

Sekjen Kemendagri Beri Ceramah Motivasi Bagi ASN se Balikpapan

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dalam Rangka Hut Ke 51 Korpri Tahun 2022, Pemkot Balikpapan menggelar ceramah motivasi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri dan Silaturahmi Anggota Korpri Kota Balikpapan.

Kegiatan ini menghadirkan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro dan juga dihadiri Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Plt Sekda Provinsi Sultra dan PLT Sekda Kota Palu serta ASN eselon 2 dan eselon 3 di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Sekjen Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro dalam ceramahnya memberikan motivasi terhadap fungsi ASN dan ada beberapa masukan, saran dan motivasi yang disampaikan, diantaranya bagaimana kinerja ASN.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengatakan, dalam ceramah motivasi ini sangat jelas Perintah dari bapak Presiden Joko Widodo dalam melayani masyarakat.

“Dimana ASN harus berbuat semaksimal mungkin, bukan jadi pelayan tapi melayani kebutuhan secara organisasi, pelayanan terhadap masyarakat lebih mudah lagi dan dipermudah. Terkhususnya untuk ASN agar bekerja lebih baik lagi,” tambahnya,” ujar, Selasa (15/11/2022) malam

Wali Kota Balikpapan mengatakan, Kota Balikpapan bukan hanya sekadar daerah penyangga Ibu kota Nusantara (IKN). Balikpapan adalah IKN karena lokasinya sangat dekat dan memiliki fasilitas sarana dan fasilitas penunjang seperti Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang.

“Memang secara administrasi IKN ditetapkan di PPU (Penajam Paser Utara). Secara De Facto sebenarnya IKN itu ada di Balikpapan,” jelasnya.

Menurutnya, dalam beberapa bulan terakhir Kota Balikpapan yang paling sibuk karena menerima tamu-tamu baik kementerian, lembaga negara, hingga lembaga-lembaga internasional
Rata-rata kedatangannya selain ingin berkunjung ke titik nol IKN, juga menggelar berbagai kegiatan. Sehingga doa meminta khususnya ASN tidak lelah untuk memberikan pelayanan yang baik.

“Hari-hari belakangan, beberapa bulan ini, kita disibukan sekali tamu-tamu dari kementerian, dari TNI, Polri pasti turunnya
di Kota Balikpapan,” paparnya.

“Saya berpesan kepada seluruh ASN di Kota Balikpapan jangan pernah lelah. Banyak kegiatan yang berskala nasional ataupun Kalimantan di Balikpapan Balikpapan,” tambahnya.

ASN di Kota Balikpapan harus punya semangat untuk terus membangun Kota Balikpapan menjadi lebih baik.

“Mengabdi dan berjuang untuk masyarakat Balikpapan yang sejahtera,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro dalan ceramah motivasinya menyinggung Reformasi birokrasi, percepatan memberikan pelayanan dan perizinan, termasuk SDM harus berorientasi pada hasil dan merubah pola pikir.

“Jadi ini harapan pak presiden agar percepatan melayani, kecepatan memberi izin, untuk itu budaya kerja harus diubah berupa pola pikir,” ujarnya.

Termasuk perintah presiden tentang ASN dalam peningkatan SDM dan penyederhanaan birokrasi, karena masih banyaknya sekat-sekat dalam birokrasi. Oleh karena itu bulan depan bisa saja ada peraturan tidak ada lagi jabatan struktural.

“Untuk itu bisa memberi peluang ke generasi milenial yang memang saat ini massanya. Sekarang bagaimana kita membangun talenta dalam waktu cepat dan produktivitas akan maju,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *