PASER, Gerbangkaltim.com – Anggota DPRD Provinsi Kaltim, H. Amiruddin menggelar sosialisasi empat pilar negara Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kepada masyarakat Kecamatan Tanah Grogot, Minggu (17/3/2024).

Dalam kegiatan yang digelar di aula SMPN 2 Tanah Grogot itu, Amiruddin mengatakan puasa Ramadhan dan Pancasila itu berkaitan, karena puasa adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Islam yang sekaligus salah satu bentuk pengamalan sila pertama Pancasila.

“Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Kita berpuasa adalah ajaran agama dan itu berarti menunaikan sila pertama,” kata Amiruddin.

Peningkatan keimanan melalui puasa di bulan Ramadhan dapat menjadi refleksi pribadi yang bermoral Pancasila.

Sila kedua Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab diimplemantasikan saat anjuran orang yang berpuasa untuk bersedekah misalnya membagi takjil.

“Mau membantu atau berinfak kepada orang yang tidak mampu, berpuasa bisa merasakan apa yang mereka rasakan,” imbuhnya.

Tentang Bhineka Tunggal Ika, Amiruddin menyampaikan Islam tidak anti agama lain, bahkan hidup berdampingan.

“Di jaman Rasulullah Saw juga demikian Rasulullah mencontohkan berdampingan dengan pemeluk-pemeluk agama lain, memang ajaran Islam sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan atau empat konsesus dasar berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Share.
Leave A Reply