Pemkot
Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Zulkifli

Status PPKM Kota Balikpapan Tunggu Hasil Evaluasi

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Satgas Penangan Covid-19 Kota Balikpapan sampai saat ini masih menunggu hasil evaluasi Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Balikpapan yang masih berada di level 1. Sedangkan, data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) yang diperbarui secara harian, Kota Balikpapan bahkan sudah berada di level 3.

Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Zulkifli mengatakan, PPKM Kota Balikpapan masih berada di level 1 dan akan dievaluasi kembali setelah tanggal 7 November hari ini. Mengingat, penambahan kasus terkonfirmasi positif di Kota Beriman, julukan Kota Balikpapan, memang terjadi dengan sangat masif.

“Kita lihat besok ya. Kita tunggu saja nanti ini terkait perpanjangannya bagaimana,” ujarnya, Senin (7/11/2022)

Penetapan status PPKM sendiri tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang dimaksud Zulkifli memang mengacu pada akumulasi kasus terkonfirmasi positif secara bulanan.

Sementara itu, menurut data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) yang diperbarui secara harian, Kota Balikpapan bahkan sudah berada di level 3.

“Tapi, untuk penetapan PPKM itu kan mengacu pada data terkonfirmasi positif bulanan, kita tunggu kan seharusnya hari ini terakhir untuk Inmendagri PPKM level 1 ini,” jelasnya.

Dikatakannya, pada penyelenggaraan kegiatan, jika nantinya ada kenaikan level PPKM pun hanya bisa membatasi jumlah kapasitas tempat dan pengunjung.
“Penyelenggaraan kegiatan masih diperbolehkan, tetapi memang nanti pembatasan itu untuk membatasi kapasitas orang yang diperbolehkan menghadiri kegiatan tersebut,” paparnya.

“Semisal di PPKM level 2 itu sebanyak 75 persen dari kapasitas tempat dan PPKM level 2 hanya bisa 50 persen,” tambahnya.

Adapun, beberapa kegiatan dengan menghadirkan beberapa musisi nasional hingga tadi malam di Kota Balikpapan pun tidak mengakibatkan penumpukan massa yang membludak.

“Konser tipe-x kemarin itu kalau tidak salah juga dibatasi sampai 500-an (pengunjung) saja, kalau (penyelenggaraannya) di luar ya tidak masalah.
Kalau di dalam ya dibatasi dari kapasitas 3.500 itu menyesuaikan level PPKM-nya lagi, kalau level 1 masih 100 persen,” paparnya.

Zulkifli menegaskan, walaupun status PPKM di level 1, Satgas Covid-19 Kota Balikpapan juga masih meminta rekomendasi dari Satgas Covid-19 nasional atau pusat.

“Untuk kegiatan yang berskala besar dengan kapasitas lebih dari 1.000 penonton,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *