Pemkot
Ketua TP PKK Kota Balikpapan Hj Nurlena Rahmad Mas'ud

Timba Ilmu Memanfaatkan Lahan Kosong Lebih Produktif, TP PKK Balikpapan Kunjungi Bandung

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan mengunjungi Pemukiman Kurdi RW 1, Kelurahan Karasak, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung pada pertengahan November kemarin. Studi tiru ini dalam rangka mendukung usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K).

Kedatangan Tim TP PKK Kota Balikpapan ini disambut langsung Ketua TP PKK Kota Bandung Hj Yulimar Mulyana didampingi Camat Astana Anyar, Ketua PKK Kecamatan Astana Anyar, Ketua PKK Kelurahan Karasak.

Dalam kegiatan ini TP PKK Kota Balikpapan juga mengajak perwakilan DPA3KB Kita Balikpapan dan Diskominfo Kota Balikpapan ini diperkenalkan dengan rumah sehat milik tokoh warga Rt 1 Kelurahan Karasak oleh Ketua TP PKK Kota Bandung.

Ketua TP PKK Kota Balikpapan Hj Nurlena Rahmad Mas’ud bersama rombongan mendapat paparan singkat mengenai program UP2K PKK di pemukiman Kurdi.

Di lokasi ini, setiap RT memiliki keikhlasan dalam mengembangkan tanaman dan buah dengan memanfaatkan pekarangan dan rumah kosong.

Hj Nurlena Rahmad Mas’ud bersama anggota melihat langsung upaya pemberdayaan masyarakat di lingkungan Kurdi dari mulai RT 1 Hingga RT 15 baik berupa sayuran, buah maupun budidaya ikan dan lele termasuk kerajinan lampu dari paralon bekas.

Ketua TP PKK Balikpapan yang juga Isteri Wali Kota Balikpapan, Hj Nurlena Rahmad Mas’ud mengatakan, kunjungan ini diharapkan bisa diaplikasikan dengan melihat kelebihan dan kekurangan yang ada. Termasuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif.

“Kalau disini mereka mencari lahan kosong dan rumah kosong untuk dimanfaatkan, misal buat kerajinan dan penghijauan,” ujarnya.

“Apalagi kader-kadernya mereka memiliki aplikasi penjualan, dan masyarakat sekitarnya juga mendukung, sehingga pengunjungnya baik dari Kementerian, luar daerah dan dalam negeri,” tambahnya.

Apalagi didukung oleh masyarakatnya yang mendukung dan berani mencoba hal baru serta ingin melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

“Awalnya masyarakat berkeinginan bagaimana bisa memajukan kampungnya, dengan memiliki motivasi ingin maju, terus berupaya dan mencoba hingga memperoleh keberhasilan,” paparnya.

Di Balikpapan ada beberapa kampung sudah jadi seperti perumahan pupuk pada saat lomba hatinya PKK Balikpapan. punya potensi untuk lebih maju lagi, mengingat disana ada lahan warga yang bisa dimanfaatkan.

“Banyak ilmu yang kita dapat dari kunjungan ini, semoga saja dengan kunjungan ini kita bisa mengadopsi ke Balikpapan. Kami sebagai TP PKK Balikpapan akan terus mendorong pertumbuhan perekonomian dan hijaunya kampung di Balikpapan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *