umkm
UMKM Bahalap menampilkan kerjinan khas dayak di Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna tahun 2022

UMKM Bahalap Binaan DKUMKMP Kota Balikpapan Meriahkan Gelar Teknologi Tepat Guna 2022

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan melalui UMKM Bahalap menampilkan kerjinan khas dayak di Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna tahun 2022 yang dilaksanakan di Plaza Balikpapan, sejak Jumat 10 hingga 12 Juni 2022 mendatang.

Pelaku UMKM Binaan DKUMKMP Kota Balikpapan, Wati Bahalap mengatakan, dalam Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna tahun 2022 yang dilaksanakan di Plaza Balikpapan, pihaknya diminta untuk memeriahkan kegiatan dengan memamerkan produk kerajinan khas Kalimantan.

“Hari ini kita jual kain-kain, gelang-gelang, manik-manik, kalung dan connector. Nah yang laris ini connector,” ujar Wati ditemui disela-sela kegiatan, Jumat (10/6/2022).

Dikatakannya, dalam pameran ini pihaknya lebih banyak menampilkan kerajinan yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

“Jadi conector dijual 20 ribu perbuahnya, namun jika satu paket dengan strap masker harganya jadi 100 ribu rupiah,” jelasnya.

Selain itu, katanya, ada juga tas dompet, baju dan kain motif batik ampiek dijual dengan harga 120-500 ribu rupiah perlembarnya.

“Ada juga kopiah olat doyo khas kutai, dijual harganya 100 ribu perbuahnya, karena kopiah dengan bahan serat kayu ini semakin lama semakin langka dan tentunya akan semakin mahal,” ucapnya.

Dikatakannya, saat ini yang lagi diburu konsumen adalah selain connector satu paket dengan strap masker, ada juga dompet anyaman berhiaskan manik-manik khas kerajinan suku Dayak.

“Kan dompet anyaman berhiaskan manik-manik khas kerajinan suku Dayak, selain unik juga memiliki nilai etnik dan akan ditampilkan di Paris Fhasion Week, tahun 2022 ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk penjualan dompet anyaman berhiaskan manik-manik khas kerajinan suku Dayak saat ini dijual masih menggunakan harga lokal yakni 200 ribu perbuahnya.

“Nanti di acara Paris Fashion Week, tentunya harganya akan berbeda, yakni menggunakan dollar,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: