Pemkot
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud menyerahkan penghargaan Adiwiyata kepada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Perilaku dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), di Halaman Balai Kota, Jumat (30/12/2022).

Wali Kota Balikpapan Serahkan Penghargaan Adiwiyata Ke Sekolah

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud menyerahkan penghargaan Adiwiyata kepada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Perilaku dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), di Halaman Balai Kota, Jumat (30/12/2022).

Penghargaan tahunan yang diberikan ini diharapkan akan menjadi Pemantik GPBLHS di semua tingkatan dan ini merupakan implementasi dari enam aspek berperilaku Ramah lingkungan Hidup (RPLH) yang meliputi, melakukan konservasi energi, konservasi air, kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, keanekaragaman hayati dan penghijauan, juga inovasi terkait PRLH yang berkontribusi dalam mendukung visi dan misi Kota Balikpapan menjadi Kota yang bersih indah dan nyaman dihuni.

Penghargaan Adiwiyata tahun 2022 tingkat Nasional diberikan sebanyak 12 sekolah, penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat provinsi sebanyak 9 sekolah dan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Mandiri Kota Balikpapan sebanyak 7 Sekolah.

Begitu juga, satu penghargaan standarisasi Lembaga Perlindungan Khusus Ramah Anak (LPKRA) dari Kementerian PPPA kepada SD Kemala Bhayangkari 01 Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud berharap dengan penghargaan yang diraih ini agar tidak jumawa tapi betul-betul bisa mengimplementasikan kepada masyarakat tentang arti dari adiwiyata itu sendiri.

“Penghargaan dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” ujarnya.

Apalagi Balikpapan sebagai salah satu Kota yang ramah dan cinta lingkungan tentunya penghargaan yang diraih ini bisa menjadi motivasi bukan hanya disekolah tapi juga di lingkungan.

Mengingat adanya penetapan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim menjadikan momentum yang baik dan memiliki potensi yang luar biasa. Dengan diraih penghargaan Adiwiyata ini mencerminkan Balikpapan, khususnya Kalimantan Timur ini layak menjadi IKN.

“Warga kita peduli dengan lingkungan, karena lingkungan bersih itu mencerminkan kehidupan masyarakat yang sehat,” paparnya.

Rahmad mengucapkan selamat kepada sekolah yang menerima Adiwiyata tingkat Nasional, Provinsi dan Mandiri. Pasalnya, prestasi ini tidak terlepas dari kerja sama seluruh para guru, komite sekolah, orang tua serta warga sekitar lingkungan sekolah.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Purnomo mengatakan, kegiatan ini kaitannya Pemkot memberikan kepada sekolah-sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata baik mandiri, tingkat nasional dan provinsi.

“Ini upaya kita lakukan dalam memberikan pemahaman kepada warga sekolah, kalau sekolah harus bersih dan sehat, secara kelembagaan ini prestasi dari sekolah dan menjadi pelecut bagi warga sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolahnya,” ujarnya.

Purnomo menambahkan, di tahun ini yang menerima penghargaan adiwiyata mandiri ada 7 sekolah, nasional ada 12 sekolah dan provinsi ada 9 sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *