Pemkot
Kampanye #welovebalikpapan untuk menjadikan Kota Balikpapan sebagai kota yang paling dicintai di dunia, Senin (19/9/2022)

Warga Diminta Mendukung Balikpapan Untuk Jadi Kota Yang Paling Dicintai di Dunia

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan mengajak seluruh warga memilih Kota Balikpapan untuk menjadi kota yang paling dicintai di dunia. Menyusul terpilihnya Kota Balikpapan menjadi salah satu kota yang mewakili Indonesia, sebagai finalis tingkat nasional OPCC (One Planet City Challenge) periode 2021-2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , Sudirman Djayaleksana mengatakan, dari sebanyak 24 kabupaten/kota yang mengikuti pelaporan aksi adaptasi dan mitigasi yang telah disubmit melalui platform CDP/ICLEI maka bersama Kota Probolinggo dan Kota Jakarta, Kota Balikpapan berhak mengikuti Kampanye We Love Cities bersama 72 Kota dari 32 negara dari tanggal 19 September hingga 31 Oktober 2022.

“Harapan saya warga kota Balikpapan dapat memahami mekanisme kegiatan Voting We Love Balikpapan dan dapat mengajak masyarakat, untuk mendukung dalam Kampanye We Love Balikpapan ini,” ungkap Senin (19/9/2022) malam.

Di tahun 2013, Kota Balikpapan ditetapkan sebagai Kota Low Emission Development Strategy (LEDS) oleh CLE, yaitu jaringan global yang menghubungkan kota-kota di seluruh dunia untuk membangun kota yang rendah emisi dan adaptif terhadap ancaman dampak perubahan iklim.

Sejak tahun 2015, Kota Balikpapan aktif ikut serta untuk melakukan pelaporan aksi iklim melalui platform internasional, dengan nama CCR (Climate Change Registry) dan berhasil memenangkan The Most Lovable Cities mengalahkan Paris pada tahun 2015.

Sudirman menambahkan, untuk waktu kampanye dimulai dari tanggal 19 September 2022, dimana masyarakat sudah bisa mem-voting langsung Kota Balikpapan, melalui website dan menggunakan tagar welovebalikpapan pada media sosial hingga tanggal 31 Oktober 2022.

“Warga dapat menyampaikan dukungannya dengan mengakses website www.welovecities.com/balikpapan, serta dengan menambahkan #welovebalikpapan pada setiap postingan di media sosial. Mari kita ajak seluruh masyarakat agar mendukung Kota Balikpapan,” jelasnya.

Pj Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin yang hadir dalam peluncuran kegiatan #welovebalikpapan ini mengajak warga, untuk juga untuk dapat menyampaikan dukungannya dengan aksi nyata seperti menjaga kebersihan, keindahan, keamanan dan kenyamanan Kota Balikpapan sehingga layak dihuni oleh setiap manusia.

“Selain melalui Kampanye We Love Cities ini, saya juga berharap agar para hadirin dapat mengajak warga untuk mencintai kota kita dengan langkah atau tindakan nyata,” pintanya.

Selain itu, Wali Kota juga meminta warga untuk dapat menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya, menaati peraturan berlalulintas, mengurangi penggunaan sampah plastik, serta menjaga kerukunan antar sesama warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.