Wisatawan Mancanegara dan Domestik Minati Pulau Derawan di Berau

Berau, Gerbang Kaltim.com – Salah satu lokasi wisata di wilayah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni Pulau Derawan cukup diminati para pelancong, baik wisatawan mancanegara maupun domesik.

Seperti dilansir https://beraukab.go.id/, tidak hanya Pulau Derawan yang menjadi andalan masyarakat Kaltim, khususnya di Kabupaten Berau, tapi ada juga Pulau Maratua, Labuan Cermin, Sangalaki, Biduk-biduk Pulau Kakaban dan gugusan-gugusan pulau kecil di sekitarnya.

Pada tahun 2017, wisatawan ke Pulau Derawan di Berau terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu sebanyak 165,98 persen dari tahun 2016. Jumlah itu, baik dari tamu asing maupun domestik. Jumlah tamu di Kabupaten Berau pada tahun 2017 mencapai 207.780 orang yang terdiri dari 4.376 orang tamu asing dan 203.404 tamu domestik.

“Kabupaten Berau dikenal sebagai daerah wisata alam bawah laut, tidak hanya oleh wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara yang ke Pulau Derawan. Tempat wisata yang menjadi daya tarik wisatawan adalah terutama Pulau Derawan,” tulis Humas Pemkab Berau.

Disebutkan, salah satu obyek wisata yang sudah terkenal dan mendunia adalah Pulau Derawan. keindahan pemandangan bawah lautnya menjadikan pulau ini salah satu tujuan pada diver dari seluruh penjuru dunia.

Selain Pulau Derawan, destinasi tujuan wisatawan lainnya adalah Pulau Maratua yang dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang menyimpan berbagai macam pesona alam yang berbeda untuk setiap pulaunya. Salah satunya, adalah Pulau Kakaban yang terkenal dengan danau yang dipenuhi ubur-ubur tidak berbisa.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau menyebut, pembangunan sektor pariwisata diharapkan dapat meningkatkan kontribusi dalam struktur perekonomian. Selain itu, dengan semakin berkembangnya daerah wisata, akan menciptakan lapangan kerja serta kesempatan berusaha bagi masyarakat di sekitarnya, sehingga pendapatan masyakarakat juga meningkat.

Sektor pariwisata Kabupaten Berau sangatlah potensial dan dapat menjadi daerah utama tujuan wisata di Kalimantan Timur. Beberapa tempat dan jenis wisata di Kabupaten Berau yang menjadi daya tarik wisata saat ini terdiri dari wisata alam, sejarah dan budaya.

Keberhasilan pembangunan pariwisata salah satunya dapat dilihat dari peningkatan jumlah akomodasi dan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini mengasumsikan bahwa setiap pengunjung yang datang ke suatu daerah wisata, pasti membutuhkan akomodasi untuk tinggal ataupun sekedar beristirahat.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Berau mencatat, pada tahun 2017, jumlah akomodasi di Kabupaten Berau sebanyak 289 unit, bertambah 12 unit dari tahun 2016 yang terdiri dari 107 unit hotel/penginapan, 10 unit resort/cottage, dan 172 unit homestay.

Salah satu usaha travel menginformasikan, Paket Wisata Open Trip Derawan pda 29 Januari – 01 Februari 2022 dari Tarakan/Berau. Pada 03 – 06 Maret 2022 dari Tarakan/Berau. Pada 14 – 17 April 2022 dari Tarakan/Berau.

Pada 28 April – 01 Mei 2022 dari Tarakan / Berau. Pada 05 – 08 Mei 2022 dari Tarakan / Berau. Pada 13 – 16 Mei 2022 dari Tarakan/Berau. Pada 26 – 29 Mei 2022 dari Tarakan/Berau. Pada 09 – 12 Juni 2022 dari Tarakan/Berau.

Selain itu, pada 30 Juni – 03 Juli 2022 dari Tarakan/Berau. Pada 07 – 10 Juli 2022 dari Tarakan/Berau. Pada 28 – 31 Juli 2022 dari Tarakan/Berau. Pada 12 – 14 Agustus 2022 dari Tarakan/Berau. Pada 25 – 28 Agustus 2022 dari Tarakan/Berau.

Biaya Open Trip Derawan 4 hari 3 malam. Dari Bandara Juwata (Tarakan) – Bandara Kalimarau (Berau)  Rp 2.290.000/orang. Biaya (1 paket) itu sudah termasuk  transportasi AC dari Bandara Juwata ke Pelabuhan Tengkayu PP (Meeting Point Tarakan). Transportasi AC dari Bandara Kalimarau ke Pelabuhan Tanjung Batu PP (Meeting Point Berau).

Selain itu Speed boat dari Pelabuhan Tengkayu ke Pulau Derawan PP (Meeting Point Tarakan). Speed boat dari Pelabuhan Tanjung Batu Ke Pulau Derawan PP (Meeting Point Berau). Speed boat untuk Explore Trip Selama 4 Hari.

Perlengkapan snorkeling selama berwisata. Pelampung selama berwisata. Penginapan AC water cottage (1 kamar isi 2 orang atau 3 orang). Tour leader. Makan 8 kali. Biaya retribusi wisata. Air mineral. Dokumentasi selama berwisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: