Pemkot
10 Duta Pemuda Balikpapan Untuk mengikuti Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kaltim 2022 di Kabupaten Kutai Kertanegara. Selasa (1/11/2022).

10 Duta Pemuda Balikpapan Ikut JPD Kaltim 2022 di Kukar

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan melepas sebanyak 10 Duta Pemuda Balikpapan Untuk mengikuti Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kaltim 2022 di Kabupaten Kutai Kertanegara.

Pelepasan ini langsung dilakukan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dan Sekda Balikpapan, Muhaimin di Balai Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, kegiatan Jambore Pemuda Daerah yang akan dilaksanakan dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 4 November 2022.

“Kita berharap semoga para peserta perwakilan Balikpapan dapat menjaga kesehatan, mampu menampilkan keterampilan yang dikuasainya dengan harapan setelah selesai pelaksanaan JPD tidak berhenti berkreatifitas dan mampu mengembangkan kemampuannya dengan membina para pemuda di daerah asalnya Balikpapan,” ujarnya, Selasa (1/11/2022).

Kegiatan Jambore Pemuda Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 sendiri diikuti sebanyak 9 kabupaten dan kota masing-masing Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai tuan rumah, Kutai Timur (Kutim), Mahakam Ulu (Mahulu), Balikpapan, Bontang, Samarinda, Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Berau.

Asisten III Sekretariat Kabupaten Kukar, Totok Heru Subroto, mengatakan event jambore pemuda ini mampu memacu kreativitas para pemuda. Tidak hanya berhenti sekadar berkreatifitas saja, namun juga mampu menggairahkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Pemuda jangan ketinggalan dalam proses pembangunan,” ujarnya.

Terlebih, saat ini di era revolusi industri 4.0, berkembangnya teknologi digital, Internet of Things (IoT), Big Data, kecerdasan buatan.

Kemudian, komputasi awan, integrated system, dan lain lain menjadikan tantangan baru pada kawasan industri perekonomian yang berbasis teknologi digital.
“Di era ini pengembangan diri dalam berkarya dan berinovasi menjadi landasan agar ekonomi kreatif dalam industri dapat dikembangkan beriringan dengan kemajuan bangsa melalui ekonomi kreatif,” jelasnya.

Lanjut Totok, sebagai salah satu poin penting untuk diperkenalkan, Pemkab Kukar memiliki Program Dedikasi yang diberikan kepada para pemuda, yakni Program Kukar Kreatif IDAMAN.

Program ini ditujukan untuk menyediakan ruang kreatif bagi pemuda-pemudi millenial dalam mengekspresikan ide dan gagasan kreatif. Dengan menetapkan dan memfasilitasi pekan kreatif daerah minimal per enam bulan, digunakan sebagai ajang unjuk karya bagi seluruh insan kreatif kukar.

“Ya yang jelas dengan memprioritaskan pada komoditi kerajinan, video, film, musik dan seni pertunjukan lainnya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *