Seseorang tengah memeriksakan kesehatan mata. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

4 Makanan dan Minuman Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata Hingga Kebuataan

SEIRING bertambahnya usia, pengelihatan seseorang memang akan menurun. Namun, pola makan atau diet yang buruk juga dapat mempercepat penurunan ini dan bahkan bisa memicu kebutaan total dalam beberapa kasus.

Sharon Copeland dari Feel Good Contacts mengatakan, ada empat makanan dan minuman yang dapat mempercepat terjadinya degenerasi makula terkait usia atau age related macular degeneration (AMD).

Adapun empat makanan dan minuman yang dimaksud oleh Copeland adalah karbohidrat rafinasi seperti roti putih dan pasta serta asupan yang sangat bergula seperti saus tomat dan minuman soda.

Copeland menjelaskan, keempat makanan dan minuman ini akan dicerna dengan sangat cepat di dalam tubuh sehingga dapat memicu lonjakan kadar gula darah.

“Lonjakan kadar gula darah ini bisa menyebabkan terjadinya degenerasi makula terkait usia, yaitu ketika kerusakan terjadi pada retina,” ungkap Copeland seperti dilansir dari laman Express, Selasa (24/5/2022).

Menurut Copeland, AMD dapat menyebabkan kebutaan pada bagian tengah lapang pandang. Seiring dengan berlalunya waktu, AMD bisa semakin buruk dan menyebabkan kebutaan total.

Copeland menyebut lonjakan kadar gula darah dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Kondisi diabetes tipe 2 yang tak dikelola dengan baik dapat menyebabkan komplikasi berupa retinopati diabetik. Komplikasi ini juga dapat menyebabkan masalah pada penglihatan.

“Semakin lama kadar gula darah tak terkontrol pada penyandang diabetes, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengalami masalah penglihatan pada mata mereka,” tuturnya.

Selain karbohidrat rafinasi dan asupan bergula tinggi, Copeland menerangkan beberapa jenis makanan juga dapat memperburuk kesehatan mata. Sebagian di antaranya adalah daging olahan seperti sosis, daging asap, ham, dan daging iris siap makan.

“Daging-daging olahan ini mengandung banyak garam. Garam berlebih (serta kafein berlebih) dalam pola makan dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi,” ungkap Copeland.

Tekanan darah tinggi yang tak terkontrol bisa memicu terjadinya retinopati hipertensi. Kondisi ini terjadi karena tekanan darah tinggi menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di retina.

Sumber : PMJ NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: