Balikpapan, Sebanyak 4 rumah di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Gunung Empat RT17 dan 18, Kelurahan Margomulyo, Balikpapan Barat hangus terbakar. Kebakaran ini cepat membesar akibat bangunan yang terbakar sebagian besar terbuat dari kayu.

Penyebab kebakaran ini belum diketahui secara pasti, namun diduga kuat kebakaran ini berasal dari salah satu rumah warga setempat yang berada ditengah pemukiman warga.

Salah seorang warga Mustafa mengatakan, api pertama kali terlihat dari rumah warga yang berada di bagian tengah pemukiman.

“Tadi, terlihat asap putih tebal dari atap rumah di bagian tengah. Nggak lama api langsung besar. Orang yang liat terus teriak-teriak biar keluar yang punya rumah,” ujarnya, Kamis (23/5/2024).

Kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Usman Ali, setelah menerima informasi kebakaran Tim PMK BPBD Kota Balikpapan langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

“Kurang lebih satu jam yang lalu kita terima informasi bahwa terjadi kebakaran di RT 18 (dan RT 17),” ujarnya.

Usman menambahkan, dari data yang dihimpun, dua rumah ludes terbakar dan dua rumah terdampak. Namun, sementara belum ada laporan korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

“Untuk sementara data yang kita himpun ada empat rumah, mungkin dua habis, dua terdampak, mungkin dapurnya kena dan beberapa bangunan lainnya juga kena, ujarnya.

Soal penyebab kebakaran, hingga kini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Adapun asal api diketahui dari rumah yang didepan, namu masih dalam penyelidikan.

“Saat ini yang rumah satu terbakar sudah kita minta informasi dan diserahkan ke pihak berwajib. Asal api sementara dari rumah paling depan, dalam penyelidikan kepolisian,” ujarnya.

“Yang jelas dua (rumah) dulu didepan itu habis terbakar, imbas ini informasi antara dua sampai empat (rumah). Tapi belakangnya terbakar, kurang lebih seperti,” sambungnya.

Dikatakannya, dalam upaya pemadaman ini, pihaknya menerjunkan sebanyak delapan unit kendaraan pemadam diterjunkan untuk memadamkan api. Kondisi saat ini sudah bisa dikendalikan.

“Kendaraan yang kita keluarkan ada enam pos (UPTD),” jelasnya.

Sementara terkait bantuan bagi warga yang terdampak kebakaran, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak terkait. Mulai dari kecamatan, kelurahan, BPBD, Dinas Sosial dan RT.

“Untuk KK yang terdampak ini kita akan koordinasikan dengan kecamatan, kelurahan ke depan kita akan abil langkah-langkah untuk ambil bantuan,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply