Anggota Komisi I DPR RI Desak Aparat Hukum Segera Tindak Tegas KKB

Jakarta – Desakan sikap tindakan tegas terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali dilontarkan oleh Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono. Ia meminta Satgas Ops Damai Cartenz II dan TNI segera mengungkap para pelaku penembakan warga sipil di Kabupaten Nduga Sabtu lalu 16 Juli 2022. Tidak hanya kepada para pelaku, Dirinya juga meminta menindak para Donatur yang membiayai KKB.

 

“Proses hukum dan kejar mereka yang membiayai dan terus menyebarkan kebencian dan menciptakan isu-isu SARA hingga warga pendatang dibunuh dengan keji,” ujarnya, Senin, 18 Juli 2022.

 

Pihaknya mengatakan, aksi tersebut layak disebut sebagai tindakan kebiadaban yang tidak bisa dibiarkan, dan harus diusut tuntas dengan tindakan tegas. Pasalnya, selama ini, KKB selalu bersembunyi di balik masyarakat umum.

 

“Kebiadapan ini harus diberantas, Indonesia adalah negara yang memiliki segala macam keberagaman dan tidak ada tempat untuk kekejian seperti ini. Perlu ada sikap tegas dari aparat keamanan terhadap mereka yang selalu bersembunyi di antara masyarakat umum setelah menyerang mereka yang tidak bersalah,” jelas Dave.

 

Dirinya juga mengakui bahwa gerakan KKB ini bakal tetap ada selama masih terjadi ketimpangan dalam akses ekonomi dan kue pembangunan di Papua. Meskipun hingga saat ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya mengatasi ketimpangan-ketimpangan tersebut, dimana salah satunya melalui pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di Papua.

 

“Papua ini adalah propinsi dengan berbagai keterbatasan, tingkat literasi masih sangat rendah, pemerataan akan pembangunan masih terbatas di kota-kota besar. Selama hal ini tidak berubah, konflik akan terus berjalan. Untuk itu kita minta kerjasama masyarakat dalam dukung pelaksanaan DOB di Papua,”tutup Dave.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *