Pemkot
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan meluncurkan Platform berjudul Satu Ormas (Sistem Layanan Terpadu Organisasi Masyarakat) ini nantinya bisa diakses oleh internal Badan Kesbangpol Balikpapan dan secara eksternal. Selasa (8/11/2022).

Badan Kesbangpol Balikpapan Kenalkan Aplikasi Satu Ormas

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan meluncurkan Platform berjudul Satu Ormas (Sistem Layanan Terpadu Organisasi Masyarakat) ini nantinya bisa diakses oleh internal Badan Kesbangpol Balikpapan dan secara eksternal.

Kepala Badan Kesbangpol Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari inovasi yang dilakukan peserta Pelatihan Kepemimpinan Adiministrator (PKA) Angkatan VII yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Makassar. Dimana salah satu dilakukan Andi Afrianto yang merupakan Kabid Poldagri dan Ormas Kesbangpol Kota Balikpapan.

“Jadi kita luncurkan pelayanan Satu Ormas ini, sekarang ini kan pemerintah kota itu dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan perkembangan zaman, yaitu digitalisasi,” ujarnya, Selasa (8/11/2022).

Edo sapaan akrabnya menambahkan, pihaknya akan memberikan ID (Identitas Diri) khusus kepada para pengurus ormas yang sudah memiliki SKT (Surat Keterangan Terdaftar) dari Badan Kesbangpol, supaya bisa mengakses data dan mendapatkan pelayanan dalam platform tersebut.

“Jumlah ormas di Balikpapan ini ada 292 ormas dan semua akan mendapatkan akses ke platform Satu Ormas ini,” ungkapnya.

Selama ini, sambungnya, pelayanan yang dilakukan Badan Kesbangpol Balikpapan kepada para ormas berlangsung secara manual. Harapannya dengan inovasi ini, semua layanan dapat diakses lebih cepat dan efektif. Adapun, fitur-fitur pelayanan yang ditawarkan dalam platform ini adalah Surat Keterangan Melapor, Laporan Semester Ormas, Izin Pemasangan Atribut, Usulan Hibah dan Konsultasi Kelembagaan.

“Jadi, kalau ormas-ormas itu mau konsultasi tidak perlu ke kantor,” ucapnya.

Sementara itu Kabid Poldagri dan Ormas Kesbangpol Kota Balikpapan, Andi Afrianto mengatakan, beragam manfaat juga dapat dinikmati oleh para pengguna, khususnya pengurus ormas. Beberapa diantaranya, yaitu mempermudah verifikasi kelembagaan ormas pada usulan permohonan hibah, memperoleh bahan masukan terhadap dualisme kepengurusan ormas serta gangguan keamanan dan ketentraman Kota Balikpapan.

“Juga mengoptimalkan fungsi pengawasan oleh Kesbangpol terhadap perkembangan organisasi kemasyarakatan di Kota Balikpapan,” ujarnya.

Plt Asisten Tata Pemerintah Kota Balikpapan mengatakan, Pemkot Balikpapan sangat mendukung program pelayanan ini, sehingga pendataan ormas yang ada di Kota Balikpapan juga bisa lebih mudah dan efisien.

“Sistem layanan terpadu organisasi kemasyarakatan atau Satu Ormas adalah upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan layanan Ormas. Diharapkan melalui aplikasi ini, keberadaan ormas-ormas di Kota Balikpapan dapat terdata dengan baik,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *