Catat dan Terapkan, Lima Langkah Mudah Cegah Diabetes

DIABETES menjadi salah satu penyakit yang membutuhkan perawatan seumur hidup. Karenanya, penting untuk melakukan langkah pencegahan mulai dari sekarang.

Badan amal Diabetes UK mengingatkan pentingnya kesadaran untuk mengatur gaya hidup, termasuk pola makan, demi mengurangi risiko penyakit yang juga dikenal sebagai kencing manis ini.

Berdasarkan studi, perubahan gaya hidup yang dilakukan secara konsisten bisa mengurangi risiko gula darah tinggi sekitar 50 persen. Selain itu, berikut lima faktor yang dipercaya bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes:

  1. Jaga Berat Badan
    Lingkar pinggang yang lebih besar bisa menandakan pembentukan lemak di sekitar organ dalam yang akan menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin membuat insulin yang diproduksi tidak bekerja dengan baik dan meningkatkan kadar gula darah.
  2. Konsumsi Makanan Sehat
    “Penelitian menunjukkan pola makan kita secara keseluruhan berpengaruh terhadap risiko terkena diabetes tipe 2,” ujar Diabetes UK, dilansir Express, Rabu (25/5/2022).

Ini bisa dicapai dengan melakukan diet, seperti diet Mediterania, diet pendekatan untuk menghentikan hipertensi (DASH), diet vegetarian, dan diet Nordik.

  1. Rutin Berolahraga
    Orang dewasa diharuskan melakukan aktivitas 150 menit setiap pekan. Ini dapat dipecah menjadi 30 menit selama lima hari dalam sepekan.

“Menjadi lebih aktif dan lebih banyak bergerak adalah kunci untuk mencegah diabetes tipe 2,” kata Diabetes UK.

Saat kebugaran dan kepercayaan diri Anda meningkat, Anda dapat mengintensifkan latihan Anda. Coba lakukan 75 menit dengan intensitas yang lebih kuat sepanjang pekan dalam waktu yang lebih sedikit.

  1. Berhenti Merokok
    Perokok berisiko lebih besar tidak hanya terkena diabetes 2 tetapi risiko komplikasi kesehatan lain. Berhenti merokok bisa menjadi keputusan terbaik demi kesehatan.
  2. Hindari Alkohol
    Ini penting karena minum alkohol yang berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh. Kalori alkohol juga tinggi sehingga bisa menyulitkan penurunan berat badan, apalagi jika Anda meminumnya secara teratur.

Sumber : PMJ NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: