Balikpapan, Gernangkaltim.com – Komisi II DPRD Kota Balikpapan menyatakan optimis penataan dan penertiban PKL yang berada di atas Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) di Pasar Pandansari, Balikpapan Barat akan tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan tanggal 23 Juli 2024 mendatang.

Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Taufik Qul Rahman mengatakan, keinginan Komisi II DPRD Kota Balikpapan, tahun ini kawasan Pasar Pandansari sudah bisa tertata dengan rapi.

“Pasar ini berada di kawasan kota tua (Heritage,red) yang memiliki sejarah dan budaya bagi Kota Balikpapan,” ujarnya, Sabtu (6/7/2024).

Dikatakannya, sebagai Anggota DPRD Kota Balikpapan Dapil Balikpapan Barat, ia tidak menginginkan kawasan pasar tersebut tidak tertata rapi dan terus menerus semrawut.

“Pasar ini harus tertata rapi, tidak boleh terus menerus semrawut,” ucapnya.

Politisi Partai PKB ini juga mengakui, DPRD Kota Balikpapan juga telah menganggarkan untuk pelaksanaan penertiban oleh Satpol PP bersama dinas terkait lainnya.

“Kita sudah anggarkan, jadi kita minta fokus gunakan anggaran tersebut untuk melaksanakan penjagaan dikawasan pasar Pandansari dengan melibatkan semua aparat hukum,” jelasnya.

Menurutnya, Komisi II DPRD Kota Balikpapan dengan OPD serta stakeholder terkait juga telah sepakat ditanggal 23 Juli 2024 mendatang proses penertiban harus tetap dilaksanakan dan tidak bisa ditunda-tunda kembali.

“Kita sepakat tanggal 23 Juli mendatang, penertiban harus dilakukan,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk menghindari terjadinya konflik di lapangan dinas terkait sudah memiliki data dan sudah melakukan pemberitahuan jauh sebelumnya. Dan ini menjadi tugas Dinas Perdagangan (Disdag) untuk memberitahukan pedagang yang memiliki lapak di dalam pasar agar masuk ke dalam.

“Optimis..karena kita mau memperbaiki saluran drainase, penataan dengan baik, karena selama ini kita lihat kawasan pasar sudah semakin padat, sehingga perlu penataan,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply