Pemkot
Dinas Koperasi UMKMM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan melaksanakan pelatihan desain batik tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Novotel Balikpapan pada 21-23 November 2022 lalu.

DKUMKMP Gelar Pelatihan Design Membatik Bagi Pengrajin Batik

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Koperasi UMKMM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan melaksanakan pelatihan desain batik tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Novotel Balikpapan pada 21-23 November 2022. Kegiatan ini diikuti pleh para pelaku usaha dan masyarakat Kota Balikpapan, yang outputnya diharapkan bisa bermanfaat untuk perkembangan batik Balikpapan.

Kegiatan dibuka langsung Plt Kepala DKUMKMP, Rosdiana. Dalam sambutannya, Plt Kepala DKUMKMP, Rosdiana mengatakan, Pemerintah Kota Balikpapan bersama Dekranasda terus berupaya agar dapat menciptakan motif-motif yang tidak hanya menarik dari segi tampilan, tapi juga memiliki makna filosofis tinggi akan nilai kehidupan.

“Kita terus berupaya agar agar dapat menciptakan motif-motif yang tidak hanya menarik dari segi tampilan, tapi juga memiliki makna filosofis tinggi akan nilai kehidupan,” ujarnya.

Rosdiana menambahkan, pihaknya secara rutin melakukan sosialisasi terkait produk kerajinan batik, baik melalui media cetak maupun media elektronik. Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dekranasda Kota Balikpapan juga memberikan ruang kepada para pelaku usaha untuk melakukan pameran hasil kerajinannya secara rutin diberbagai event dan kegiatan.

“Saya berharap kegiatan pelatihan desain batik ini dapat memberikan manfaat kepada para peserta. Juga dapat jadi penyemangat wirausaha baru agar lebih giat dalam menciptakan karya karya dalam membatik,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya,diharapkan juga peserta dapat menciptakan pasar yang lebih besar, guna mendorong perekonomian daerah dan nasional. “Untuk terus meningkatkan kerajinan batik sehingga batik kita bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri,” paparnya.

Sejalan dengan upaya mempersiapkan Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN. Kesempatan ini, menurutnya, merupakan peluang besar bagi Kota Balikpapan memperkenalkan batik terbaik daerah hingga ke nasional dan mancanegara.

“Ditetapkan Kaltim sebagai IKN Nusantara, maka ini menjadi peluang besar bagi pelaku UMKM Kota Balikpapan untuk menampilkan batik terbaik daerah hingga ke nasional dan mancanegara,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *