Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan untuk pertama kalinya memperingati HUT ke 127 Kota Balikpapan di Halaman Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome, Kalimantan Timur. Dimana jika sebelumnya, Upacara HUT Kota Balikpapan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Balikpapan.

Pembina upacara peringatan HUT ke-127 Kota Balikpapan ini dilakukan langsung Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik dan dihadiri Ketua DPRD Kalimantan Timur Hasanuddin Mas’ud, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Anggota DPR RI Dapil Kaltim Rudy Mas’ud, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, anggota DPRD Kota Balikpapan, Forkopimda, OPD di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, LPM, Ketua RT Se Kota Balikpapan dan tokoh agama, masyarakat serta pemuda se Kota Balikpapan.

Upacara dilaksanakan tepat pukul 08.40 Wita dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan Mars Kota Balikpapan dan Hymne Kota Balikpapan yang dibawakan oleh paduan suara gabungan dari seluruh SD, SMP dan SMA Kota Balikpapan.

Dalam kesempatan itu, Walikota Rahmad Mas’ud menyerahkan panji keberhasilan pembangunan yang diterima Kota Balikpapan dari Pemprov Kaltim kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkot Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dalam sambutannya menyampaikan, di Kota Balikpapan inilah warga kota bersama-sama menjalani kehidupan, bertumbuh kembang bersama melalui suka maupun duka, hingga pada hari ini Kota Balikpapan mencapai usia ke 127 Tahun. Letak geografis Kota Balikpapan yang strategis sebagai pintu gerbang Kalimantan dan berada pada lintasan jalan trans Kalimantan dan berada di jalur lintas ALKI II.

“Kota Balikpapan memiliki infrastruktur jalan tol, Bandara Sams Sepinggan, Pelabuhan penumpang semayang dan peti kemas kariangau serta ditunjang dengan sarana – prasarana public lainnya, sehingga kota ini berkembang pesat menjadi kota jasa dan pusat Industri pengolahan minyak terbesar di kawasan Indonesia Timur,” ujarnya.

Perkembangan Kota Balikpapan ini, lanjutnya, menjadi tolak ukur tingkat kemajuan pembangunan di kawasan tengah dan timur Indonesia.

“Dimana penduduknya beragam, sehingga menjadi miniatur Indonesia yang hidup rukun secara damai, guyub dan tentunya penuh toleransi,” jelasnya.

Dikatakan untuk pembanguan manusia dan sektor perekonomian, katanya, sampai Tahun 2023, dimana secara umum pembangunan manusia di Balikpapan terus mencapai peningkatan selama periode 2019-2023 indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Balikpapan mencapai 80,11 di tahun 2019 menjadi 82,03 pada tahun 2023 dengan rata-rata tumbuh 0,55 persen pertahun dan masuk dalam sangat tinggi.

Selain itu, upaya pembangunan Kota Balikpapan untuk sektor ekonomi berada diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi regional Kaltim dimana di tahun 2022 tumbuh 4,49 persen sedangkan ditahun 2023 diperkirakan tumbuh lagi ditengah momentum pembangunan RDMP Kilang Pertamina dan IKN Nusantara. Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita Kota Balikpapan juga naik.

Perekonomian ini membaik, katanya, ini tergambar dengan menurunnya angka pengangguran ditahun 2022 pada angka 6,90 persen atau 22.749 orang dan ditahun 2023 turun jadi 6,09 persen atau 20.919 jiwa.

“Ini tidak lepas dari meningkatnya nilai investasi di Kota Balikpapan,” tegasnya.

Untuk tingkat kemiskinan, katanya, tahun 2023 mengalami penurunan 2,45 persen atau 15.083 jiwa turun menjadi 2,31 persen atau 14.199 jiwa.

Rahmad Mas’ud mengatakan, makna dari tema HUT ke-127 ialah Balikpapan kondusif, sinergi dan berkelanjutan.

“Tahun 2024 merupakan tahun pemilu, kita tetap Bersatu meski berbeda pilihan, maka Balikpapan kondusif adalah kuncinya, sinergi maknanya adalah kesamaan dan kesatuan dari berbagai tujuan dan berkelanjutan berarti berkesinambungan pembangunan kota Balikpapan dari waktu ke waktu,” tutupnya.

Demikian upacara ini ditutup dengan penghormatan kepada lambang Pemerintah Kota Balikpapan.

Adapun kegiatan akhir dalam rangkaian upacara HUT ke-127 ini terdapat persembahan tarian massal oleh penari gabungan Sanggar Tari dan Sekolah se-kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

Share.
Leave A Reply