Balikpapan, Gerbangkaltim.com. – Satuan Tugas (Satgas) Haji Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan beserta jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kaltim turut serta dalam kegiatan Pelepasan Kloter 1 Jemaah Haji asal Embarkasi Balikpapan Tahun 1445 H / 2024 M yang dilaksanakan di Asrama Haji Batakan Balikpapan pada hari Selasa (14/05).

Acara ini menandai dimulainya keberangkatan jemaah haji dari Embarkasi Balikpapan menuju Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Sebanyak 324 jemaah calon haji diberangkatkan pada kloter pertama ini.

Pelepasan kloter 1 diawali dengan laporan panitia oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Abdul Khaliq. Kemudian, pelepasan secara simbolis dilakukan oleh PJ Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, didampingi oleh unsur stakeholder terkait di wilayah Kalimantan Timur.

Pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, pemerintah mengusung tema “Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia”. Tema ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk memastikan bahwa semua jemaah haji, termasuk lansia, dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman, nyaman, dan bermartabat.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan menunjukkan komitmennya dalam mendukung penuh pelaksanaan ibadah haji tahun ini melalui pembentukan Tim Satgas Haji Tahun 2024. Tim ini bertugas untuk menghadirkan layanan keimigrasian prima bagi para calon jemaah haji, mulai dari pemeriksaan keimigrasian saat keberangkatan ke Tanah Suci hingga saat kedatangan kembali ke Tanah Air.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Wahyu Gumilang beserta jajaran berkomitmen untuk bekerja keras demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

“Kami siap memberikan pelayanan keimigrasian terbaik bagi para jemaah haji agar mereka dapat melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyuk,” ungkap Wahyu.

Pelepasan kloter 1 ini menjadi momen penting bagi para jemaah haji yang telah lama menantikan keberangkatan mereka ke Tanah Suci. Doa dan harapan pun dipanjatkan agar para jemaah haji diberikan kesehatan, keselamatan, dan kelancaran selama menjalankan ibadahnya.

Share.
Leave A Reply