PASER, Gerbangkaltim.com– Usaha Kecil Menengah (UKM) Sari Berkah produsen Bakpia di Kabupaten Paser saat ini sedang mengusulkan hak cipta hak paten. UKM yang berproduksi di Desa Klempang Sari Kecamatan Kuaro, saat ini sedang mengusulkan hak paten atau Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) kepada Kementerian Hukum dan HAM setelah mengantongi sejumlah persyaratan.

Pemilik UKM Sari Berkah 99. Isyanto, mengatakan Bakpia produksinya sudah bersertifikat halal dan usahnya juga sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) serta sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang dikeluarkan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser.

“HAKI sedang proses pengusulan untuk nama Bakpia Sari Berkah 99,” kata Isyanto di Tanah Grogot, Senin (27/5/2024).

Bersama sang istri, Nurwidayatun, Isyanto memulai usahanya sejak tahun 2019 dengan peralatan tradisional. Saat itu ia butuh waktu tiga bulan mencari resep yang pas. Alasan ia memproduksi bakpia karena belum ada UKM yang menjual makanan khas Yogyakarta tersebut.

“Karena Bakpia rasanya unik, dan kebetulan belum ada yang jual di Paser,” ujar Isyanto.

Di bantu enam orang karyawannya, Isyanto memproduksi Bakpia dan memasarkannya melalui daring (online) dengan menerima pemesanan online juga offline.

Untuk memperluas jaringannya, Isyanto menjalin kemitraan dengan sejumlah toko oleh-oleh,mini market, dan juga reseller untuk meningkatkan penjualan.

Ia juga saat ini juga sedang mencoba kerjasama agar usahanya bisa dijual di toko-toko ritel modern.

“Ada pembicaraan dengan toko ritel untuk bisa memenuhi 26 gerai secara berkelanjutan. Namun untuk menuju ke sana dibutuhkan produksi yang lebih banyak dan tambahan modal lebih besar,” terangnya.

Perlahan tapi pasti, saat ini usaha yang digeluti Isyanto mulai mengalami peningkatan, baik dari sisi produksi dan penjualan. Konsumennya bukan hanya dari Kabupaten Paser, bahkan ada yang berasal dari luar daerah seperti Makassar, Riau, dan daerah lain.

Untuk menambah kenyamanan pelanggan sudah, telah dibangun Galeri UMKM di rumahnya yang beralamat di jalan Garuda nomor 9, Rt 01. Desa Klempang Sari Kecamatan Kuaro.

Sebagai UKM binaan PT. Kideco, usaha Isyanto telah dibekali mesin produksi, kemasan, dan galeri UKM di rumah produksi bakpia 99 miliknya sekaligus sebagai wadah penjualan produk anggota Forum UMKM Mitra yang saat ini lebih kurang sudah ada 40 pelaku UMKM.

Peningkatan usahanya, kata Isianto, juga didapat dari berbagai macam pelatihan yang digelar pemerintah maupun swasta seperti pelatihan kerjasama dengan E-Commerce, serta aktif dalam kegiatan ekspo di tingkat daerah dan nasional.

Untuk BAKPIA 99 itu sendiri terdapat banyak pilihan rasa mulai dari kacang hijau, ubi ungu, coklat, juga keju, dengan dua kemasan yakni keemasan premium dengan harga 35.000/pack dengan isi 15 biji dan kemasan mini pack harga 10.000/pack dengan isi 5 biji. (ADV)

Share.
Leave A Reply