Balikpapan, Gerbangkaltim.com – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan menyatakan akan ada kenaikan konsumsi energi menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di wilayah Kaltim. Namun stok yang dimiliki pertamina cukup untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi energi di masyarakat tersebut.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, untuk wilayah Kalimatan Timur kesiapan energi, baik itu BBM ataupun LPG jelang Idul Adha 1445 Hijriah, maka PT Pertamina Patra Niaga melakukan penambahan stok dan juga memprediksi akan ada peningkatan penggunaan LPG dan BBM di masyarakat.

“Untuk BBM, kami memperkirakan akan ada peningkatan sebesar 1-3 persen, sedangkan untuk penggunaan LPG, akan ada peningkatan sebesar 5-6 persen,” ujarnya, Jumat (14/6/2024).

Arya menambahkan, untuk wilayah Kaltim untuk konsumsi bbm jenis gasoline seperti Pertalite dan Pertamax, jumlah pemakaian harinya mencapai 2200 kilo liter perhari. Dan untuk gasoil seperti pertadex dan dexseries konsumsinya sekitar 700 kiloliter perharinya.

“Dan untuk LPG, di Kaltim konsumsi harinya sekitar 500 metrik ton perhari,” jelasnya.

Dari seluruh produk tersebut, lanjutnya, PT Pertamina Patra Niaga memastikan bahwa stok yang berada di Terminal BBM maupun LPG di Kaltim ini dalam keadaan cukup.

“ Jadi dengan stok yang ada ketahan harinya, sekitar 11 hari,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Arya juga mengatakan, pihaknya juga akan memastikan distribusi energi menjelang dan selama Idul Adha 2024 akan berjalan dengan baik.

“Kami himbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak melakukan panic buying karena pertamina akan terus memastikan ketersediaan energi tersebut,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply