Balikpapan, Gerbangkaltim.com -Program Kampung Iklim (Proklim) Semarak Muara Rapak binaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menerima kunjungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka penilain pencalonan Proklim Semarak menuju Lestari. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 20 dan 21 Mei 2024.

Pada kegiatan ini turut hadir Camat Balikpapan Utara Muhammad Fadli sebagai bentuk dukungan instansi pemerintahan terhadap Proklim Semarak yang berada di wilayahnya. Dalam sambutannya Fadli menyampaikan pentingnya peran Proklim dalam menghadapi dampak dari perubahan Iklim.

”Perubahan Iklim ini terjadi sangat cepat di Balikpapan, seperti hari ini pagi hari hujan bisa saja sebentar lagi langsung panas, perubahan ini perlu adanya adaptasi dan mitigasi dari masyarakat juga agar siap menghadapi perubahan iklim yang begitu cepat terjadi,” ujar Fadli.

Berkat upaya Proklim Semarak untuk terus melakukan pengembangan, pada tahun ini, Proklim Semarak berkesempatan menjadi salah satu kandidat yang dicalonkan menuju Proklim Lestari. Sejak tahun 2020 Proklim Semarak mendapatkan predikat Utama. Dalam kegiatan penilaian yang dilakukan ini, menghadirkan 10 binaan dari Proklim Semarak untuk diwawancarai oleh dewan juri.

Kegiatan penilaian diawali dengan paparan dari ketua Proklim Semarak dengan memaparkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama Proklim tingkatan Utama hingga saat ini menjadi calon Lestari. Salah satu pemaparan menjelaskan kegiatan yang telah dilakukan yaitu pengelolaan sampah dan penghijauan.

Pada kegiatan hari kedua yang dilakukan pada hari selasa, tim juri melakukan kunjungan ke 10 binaan Proklim Semarak yang terletak di 10 Kelurahan. Kelurahan tersebut adalah, Kelurahan Prapatan, Kelurahan Gunung Bahagia, Kelurahan Sumber Rejo, Kelurahan Karang Rejo, Kelurahan Mekar Sari, Kelurahan Gunung Samarinda, Kelurahan Sepinggan Raya, Kelurahan Baru Ilir, Kelurahan Gunung Sari Ulu dan Kelurahan Telaga Sari.

Selama pengumpulan data hingga kegiatan verifikasi lapangan berakhir, PT KPI Unit Balikpapan terus melakukan pendampingan ke binaannya agar kegiatan tersebut dapat terlaksananya dengan baik. Sementara itu, Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Lifania Riski Nugrahani mengungkapkan harapannya agar bisa mendapatkan tingkatan Proklim Lestari. “Semoga usaha Proklim Semarak yang telah dilakukan bisa mendapatkan hasil tingkatan Proklim Lestari ini. Karena perusahaan berupaya terus mendukung kegiatan – kegiatan pengembangan yang di lakukan oleh kelompok,” ujar Lifania.

Selain bentuk dukungan dari PT KPI Unit Balikpapan, Lifa juga mengungkapkan dukungan dari berbagai pihak juga sangat membantu Proklim Semarak terutama DLH Kota Balikpapan. “Banyak dukungan sebagai pembimbing Proklim Semarak dan selama pengumpulan data hingga verifikasi lapangan turut hadir dan terus mendampingi. Ini menjadi motivasi untuk Proklim agar terus maju,” tutup Lifania.

Share.
Leave A Reply