Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Sebagai salah satu bagian dari 12 Program budaya keselamatan atau Safety Culture yang berkelanjutan, PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) kembali mengadakan kegiatan kampanye untuk menekan angka insiden di lapangan. Bertajuk SAHABAT KARIB “Kasih Paham Ndor!”, program ini diprakarsai oleh Fungsi HSSE PT KPB dengan melibatkan tim Safety PT KPB sebagai inisiator kegiatan dan didukung penuh oleh Tim Safety Kontraktor dan Sub Kontraktor.

Ndor adalah sebutan singkat untuk Mandor atau Supervisor, yaitu pemimpin kru dalam sebuah pekerjaan proyek, yang bertugas mengawasi, mengkoordinasi, dan mengatur beban kerja tim. Mandor bertanggung jawab untuk memastikan proyek berjalan lancar sesuai dengan rencana dan target yang sudah ditentukan.

Program SAHABAT KARIB bertujuan untuk mencegah kecelakaan kerja yang potensinya banyak dialami oleh pekerja baru, pekerja muda, dan pekerja yang belum berpengalaman. Pelaksanaan kegiatan dipandu oleh pembawa acara yang ditunjuk dari para pekerja Sub Kontraktor dan para Mandor sebagai pembicaranya.

Bertempat di lokasi Proyek RDMP Balikpapan tepatnya area-45 ISBL dengan edukasi dipimpin langsung oleh mandor sembari membawakan materi dan praktik menggunakan gerinda, chainblock, lever block, hand tools, dan peralatan kerja lainnya. Selain materi dan praktik, peserta juga diberikan hadiah sebagai apresiasi dalam bentuk kuis untuk memancing sejauh mana pemahaman yang diterima.

Defrinaldo VP HSSE PT KPB menyampaikan bahwa program ini mengusung tema yang berhubungan dengan Kajian Risiko Pribadi (KARIB) sebagai isi konten pembahasan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan pekerja frontline atau garda terdepan di lapangan yaitu keselamatan jari tangan (Hand Finger Safety), “Tugas untuk melakukan coaching sejatinya adalah tugas pengawas pekerjaan atau seorang leader kepada pekerjanya. Tim HSSE PT KPB mengemasnya dalam program SAHABAT KARIB guna membangun budaya coaching dari leader kepada anggota timnya. Sehingga nantinya dalam proyek ini turut menciptakan pekerja-pekerja di Balikpapan menjadi lebih kompeten sekaligus mengedepankan cara-cara aman dalam bekerja”, ujarnya di hadapan ratusan pekerja di lapangan.

Road show SAHABAT KARIB sudah dilaksanakan 9 batch di area yang berbeda dengan total 25 – 30 Peserta per batch, melibatkan para pekerja pipe fitter muda. Melalui program ini harapannya dapat memberikan pengetahuan yang mendalam tentang budaya kerja yang aman. Kegiatan diakhiri dengan penyematan stiker pada helm peserta sebagai bentuk implementasi SAHABAT KARIB. Program serupa akan terus dilanjutkan agar semakin banyak pekerja memiliki kepekaan terhadap budaya keselamatan.

Share.
Leave A Reply