BPBD
Kepala BPBD Kota Balikpapan Silvia Rahmadina mewakili Pj Sekda Kota Balikpapan membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Teknis Pertolongan Pertama Bagi Potensi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan. Senin (18/7/2022).

Kepala BPBD Kota Balikpapan Buka Pelatihan Bagi Potensi SAR

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Silvia Rahmadina mewakili Pj Sekda Kota Balikpapan membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Teknis Pertolongan Pertama Bagi Potensi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Balai Latihan Kerja Kota Balikpapan in akan berlangsung selama enam hari, mulai 6 hingga 22 Juli 2022 mendatang.

Kepala BPBD Kota Balikpapan, Silvia Rahmadina mengatakan, peranan Tim Sar dalam penanganan musibah sangat diperlukan,sehingga dibutuhkan petugas yang harus memiliki kemampuan dalam penanganan masalah ataupun musibah sehingga bisa cepat melakukan pertolongan.

“Pelatihan ini sebagai evaluasi dalam penangan pertolongan pertama pada korban dan proses evakuasi sehingga terjadi solidaritas dan sinergitas antar stakeholder,” ujarnya, Senin (18/7/2022).

Ditambahkannya, selain itu pelatihan ini juga sebagai upaya memberikan pengetahuan dan keterampilan di bidangnya khususnya dalam memberikan pertolongan pertama sekaligus mengevakuasinya.

Apalagi menurutnya, Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng bumi dan memiliki puluhan gunung api aktif. Sehingga menuntut untuk memiliki manajemen risiko bencana yang baik.

“Kunci penting kemampuan SAR menangani terjadinya kecelakaan dan bencana ditentukan beberapa faktor. Yaitu pengendalian dan koordinasi kepada potensi pencarian dan pertolongan yang terlatih,” tambahnya.

Kondisi geografis Balikpapan memiliki potensi kerawanan cukup tinggi mulai banjir hungga tanah longsor.

“Jadi adanya Sar sangat diperlukan dalam penanganan bencana serta terus koordinasi,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Kota Balikpapan, Melkianus Kotta mengatakan, tujuan kegiatan ini guna memberikan keterampilan kepada potensi pencarian dan pertolongan pertolongan pertama.

“Serta meningkatkan kemampuan potensi pencarian dan pertolongan dalam evakuasi dan berbagi pengalaman dan jalin sinergitas dengan stakeholder lainnya,” tutupnya.

Melky menambahkan, pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan keterampilan dalam memperoleh potensi SAR yang handal dan mencetak tenaga SAR profesional, khususnya di Balikpapan.

“Saya pesan kepada peserta pelatihan potensi SAR dan para instruktur agar melaksanakan pelatihan dengan penuh semangat dan tetap menjaga kesehatan agar pelatihan dapat berjalan lancar,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *