Jelang Libur Lebaran, Dinkes Cek Kesiapan Puskesmas 24 Jam

Balikpapan,Gerbangkaltim.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menyampaikan bahwa selama periode libur panjang lebaran hari raya Idul Fitri 1442 H atau 2022 Masehi sedikitnya ada tujuh puskesmas yang dipastikan tetap membuka pelayanannya.

Adapun ketujuh puskesmas itu merupakan Puskesmas 24 jam diantaranya yakni Puskesmas Damai, Puskesmas Karang Rejo, Puskesmas Baru Tengah, Puskesmas Gunung Samarinda, serta Puskesmas Teritip. Lantas, guna memastikan kesiapan itu, dr Andi Sri Juliarty menyambangi puskesmas tersebut.

“Kami memastikan petugas yang ditetapkan dalam surat tugas, disini kami menugaskan dokter, perawat, bidan, driver itu semua sudah siap, kemudian juga stok alat mereka harus berfungsi dengan baik jangan sampai ada yang dirujuk kemudian terkendala,” ujarnya kepada awak media saat menyambangi puskesmas 24 jam yang ada di kawasan Manggar, Balikpapan Timur, Sabtu (30/4/2022).

Dalam tugasnya nanti, kata dr Dio (sapaan dr Andi Sri Juliarty,red) yang bertugas di wajibkan membuat laporan harian yang nantinya akan direkap guna mengetahui perkembangan kesehatan masyarakat. Dalam laporan itu, nanti akan berisikan penyakit yang ditemukan oleh tim medias.

“Ini (laporan, red) setiap sore kami rekap apakah ada tren kenaikan jumlah pengunjung maupun diagnogsa yang muncul,” ujarnya.

Beberapa penyakit tentunya sangat berpotensi muncul pasca lebaran termasuk juga yang harus diwaspadai yakni covid-19. Lantas dia meminta agar tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu, program vaksinasi dari puskesmas juga berjalanan namun tidak berlangsung dipuskesmas melainkan di tempat umum seperti terminal, mall dan sebagainya.

Lebih lanjut, kata dia yang sangat berpotensi dalam periode ini adalah kasus lakalantas. Diaman tim pendukungnya juga selalu disiapkan. “Tim pendukung kami yang juga slalu siap yakni PSC 119 itu lebih ke daruratan medis seperti kecelakaan karna hotline 119 melalui operator 082225681119” tambahnya.

“Nanti ambulan puskesmas hsrus selalu stanby tapi disana juga ada yang bersifat mobile dari tim PSC 119,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: