1

Pagi Ini, Pedagang Pasar Klandasan Mulai Disuntik Vaksin

 

BALIKPAPAN, Gerbang Kaltim, — Pemerintah Kota Balikpapan mulai melakukan proses vaksinasi tahap kedua kepada para pedagang di Pasar Klandasan, Jumat Pagi (26/2/2021).

Adapun lokasinya disiapkan di dua tempat, yakni halaman parkir pasar dan halaman kantor kelurahan Klandasan Ulu. Dosis vaksin yang disiapkan yakni sebanyak 367 yang akan di vaksin, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Tim Satgas Kota tampak meninjau langsung proses vaksinasi Covid-19 Kota Balikpapan.

“Mulai pagi ini kita laksanakan vaksinasi bagi pedagang pasar dan ini semua demi kebaikan kita bersama, nanti 14 hari kedepan akan dilakukan proses vaksin yang kedua, sehingga dimohon betul dukungan para pedagang agar mau mengikuti kegiatan vaksin ini,” ujar Rizal Effendi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty menyampaikan vaksinasi tahap kedua akan di fokuskan kepada pedagang pasar Klandasan terlebih dahulu. Setelahnya akan berlanjut ke pasar-pasar tradisional lainnya di Kota Balikpapan.

“Target vaksinasi sebanyak 367 pedagang pasar, dengan 4 tim tenaga kesehatan terdiri dari empat meja tahapan vaksinasi, mulai dari pendataan, pemeriksaan kesehatan, penyuntikkan hingga observasi”, ungkapnya.

Dio sapaan Andi Sri Juliarty juga menambahkan, pedagang yang divaksinasi setidaknya harus melewati beberapa tahapan mulai dari registrasi atau verifikasi data, proses screening untuk memastikan kondisi kesehatan tubuhnya. Jika dinyatakan lolos screening, penerima vaksin akan langsung divaksinasi Covid-19.

“Penerima vaksin tidak dibolehkan langsung pulang setelah disuntik, diharuskan menunggu selama 30 menit di tempat yang tersedia untuk memeriksa hasil observasi. Setelahnya penerima vaksin akan mendapatkan kartu vaksin dan diizinkan untuk meninggalkan lokasi,” tutupnya.