Pemkot
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan, Andi M. Yusri Ramli

Pemindahan Kantor Dinkes Balikpapan Masih Belum Pasti

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan masih belum memberikan kepastian kapan rencana pemindahan Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan ke Kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan yang berada di Jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan Selatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan, Andi M. Yusri Ramli mengatakan, sudah mendengar tentang rencana pemindahan Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan tersebut.

“Informasi yang saya terima memang seperti itu, karena Kantor Dinkes Balikpapan saat ini di Pasar Baru dinilai tidak pas dengan operasional yang dilaksanakan dan lain-lain,” ujarnya, (18/11/2022).

Kantor Dinkes Kota Balikpapan diwacanakan akan menempati Kantor DPU yang saat ini masih digunakan. Kemudian, DPU akan menempati kantor baru bersama dengan Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) Balikpapan.

“Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan nantinya akan dibangunkan kantor yang baru. Kami diminta untuk merencanakan kantor dimana DPU dan DPPR menjadi satu kantor,” paparnya.

Terkait lokasi lahan yang akan digunakan untuk kantor baru ini, Kata Yusri, pihanya masih belum melihat langsung lokasi tersebut. Namun, menurut informasi yang didapatnya, lokasi lahan berada di Jalan Kasih, Sepinggan.

“Dari hasil penilaian di lapangan, nanti kami akan laporkan ke pimpinan untuk kondisi lahannya. Karena, satu kantor yang menaungi dua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ini tentunya membutuhkan lahan yang cukup luas,” ungkapnya.

Ditambahkannya, luasan lahan yang direncanakan juga belum sampai pada tahap pembahasan, tetapi pihak DPU juga memang sudah meminta bidang gedung pemerintah untuk melakukan komunikasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah terkait kepastian rencana tersebut.

“Kalau memang sudah positif, ada alokasi untuk merencanakan kantor yang akan ditempati DPU dan DPPR. Kami nanti akan melakukan konsolidasi secara internal untuk melakukan persiapan menuju perencanaan itu, terkait struktur organisasi DPU dan DPPR juga, yang nantinya akan menunjukkan luasan lahan yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Pengerjaan penyusunan Detail Engineering Design (DED) bangunan kantor baru ini ditugaskan kepada DPU yang rencananya akan disusun pada tahun 2023 mendatang.

“Kalau 2023 nanti ada alokasi anggaran, kita bisa segera olah DED dan pengerjaan bangunannya sesegera mungkin. Setelah penyusunan DED, bisa langsung berlangsung fisiknya,” tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *