Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan secara resmi membuka kegiatan Pasar Ramadan Drive Thru di halaman Masjid Madinatul Iman Kompleks Balikpapan Islamic Center Balikpapan (BIC), Jumat (14/3/2024) sore.

Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE,ME diwakili Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Muhammad Andi Yusri, membuka secara resmi kegiatan ini yang ditandai dengan pemukulan bedug.

Wali Kota Balikpapan dalam sambutannya yang dibacakan, Muhammad Andi Yusri mengatakan, bahwa pasar Ramadan Drive Thru tidak hanya menawarkan berbagai hidangan berbuka puasa, tetapi juga menyediakan layanan lain seperti dealer mobil dan motor serta stand penukaran uang oleh bank Kaltimtara.

“Harapan kami, Pasar Ramadan ini bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk mencari berbagai makanan dan minuman untuk kebutuhan berbuka puasa dan makan sahur. Kegiatan ini sangat bermanfaat mengakomodasi para pelaku usaha kuliner meningkatkan pendapatannya,” ucapnya.

Dikatakannya, tradisi pasar Ramadan sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya umat Islam di seluruh dunia, termasuk warga di Kota Balikpapan. Dimana kehadiran pasar Ramadhan seperti sangat berpotensi untuk menjadi daya tarik wisata kuliner yang dapat meningkatkan industri pariwisata di kota Balikpapan.

“Pasar ramadan ini memiliki potensi besar untuk diadopsi di luar bulan ramadan, sebagai salah satu daya tarik wisata kuliner yang dapat meningkatkan industri pariwisata Balikpapan dengan memperkenalkan kekayaan kuliner dan budaya kita, melalui pasar Ramadan ini kita dapat menarik lebih banyak wisatawan dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” jelasnya.

Selain itu, kata Wali Kota, dalam upaya menjaga stabilitas harga dan meningkatkan ketersediaan bahan pokok selama bulan Ramadhan, pemerintah kota Balikpapan telah melaksanakan berbagai program, termasuk gerakan pangan murah dan operasi pasar. Untuk itu, Pemkot Balikpapanmenghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dalam berbelanja, serta menegaskan bahwa ketersediaan bahan pokok seperti beras, BBM, dan LPG cukup dan tidak perlu dikhawatirkan.

“Melihat fenomena terjadinya lonjakan harga selama Ramadhan, pemerintah kota Balikpapan telah melakukan berbagai program untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif lebih murah,” ungkapnya.

Dengan resmi dibukanya pasar Ramadhan drive thru tahun ini, katanya, masyarakat diharapkan dapat berpuasa dan beribadah dengan tenang dan penuh berkah.

“Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan karunia kepada semua dalam mewujudkan Balikpapan sebagai kota yang nyaman, modern, dan sejahtera,” tukasnya.

 

Share.
Leave A Reply