Balikpapan, Gerbangkaltim.com –  Polisi Militer Kodam VI/Mulawarman (Pomdam VI/Mlw) menggelar syukuran dalam rangka HUT ke 78 Korps Polisi Militer TNI AD di Mako Pomdam VI/Mlw, Balikpapan, Kaltim.

Dalam kegiatan ini Komandan Polisi Militer Kodam VI/Mulawarman (Danpomdam VI/Mlw), Kolonel CPM  Johny Paul Johannes Pelupessy didampingi isteri menyerahkan tumpeng kepada Prajurit berprestasi Serda Rizqi Abi Purnama yang berhasil menjadi Juara 3 Under 63 kg Putra Porprov Taekwondo Kaltim 2023.

Kemudian juga menyerahkan kue tart kepada Bamin Staltahmil Pomdam VI/Mlw, Pelda Supardi yang memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP).

Komandan Polisi Militer Kodam VI/Mulawarman (Danpomdam VI/Mlw), Kolonel CPM Johny Paul Johannes Pelupessy mengatakan, acara Syukuran ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan HUT Ke-78 Korps Polisi Militer TNI AD yang sudah diawali sejak bulan April 2024 dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Polisi Militer TNI AD di seluruh jajaran Satpomad khususnya Pomdam VI/Mlw.

“Sebelumnya, jajaran Satpomad khususnya Pomdam VI/Mlw juga sudah melaksanakan kegiatan Doa bersama, Bhakti Sosial, Karya Bhakti, Anjangsana, Ziarah rombongan, Donor Darah dan Apel Korps serta syukuran di hari ini,” ujarnya, Sabtu (22/6/2024).

Dikatakannya, kegiatan Acara Syukuran HUT ke-78 Korps Polisi Militer TNI Angkatan Darat ini juga dilaksanakan oleh Satpomad di seluruh Indonesia dan terpusat di Pusdikpom Cimahi pada tanggal 25 Juni 2024 mendatang.

“Ini sebagai wujud syukur setelah lebih dari tujuh dekade memberikan pengabdian untuk kepentingan TNI, Bangsa, Negara dan berkarya untuk kemajuan Korps Polisi Militer,” ucapnya.

Harapannya di HUT ke 78 Korps Polisi Militer TNI AD, kata Johny Paul Johannes Pelupessy, kedepannya Korps Polisi Militer TNI AD dapat lebih dicintai masyarakat, fungsinya itu bukan hanya  TNI AD, tapi juga seluruh lapisan masyarakat khususnya di Kota Balikpapan dan Kaltim pada umumnya.

Terkait rancana HUT ke 79 Kemerdekaan RI di IKN, katanya, Pomdam VI/Mlw juga akan terlibat dimana saat ini personel dan sarana prasarana sudah siap.

“Dan baru-baru ini, kami dapat dukungan 2 mobil Listrik dan 4 motor Listrik yang nanti rencananya akan digunakan pada saat pelaksanaan kegiatan HUT ke 79 Kemerdekaan RI di IKN,” jelasnya.

Dikatakannya, terkait program tahunan Gaktib Pomdam VI/Mlw, sejauh ini seluruh anggota Denpom maupun Sub Denpomnya tidak ada melakukan pelanggaran.

“Ini prestasi buat kita, karena apa, POM itu selain penegak Hukum, disiplin dan tata tertib, juga harus menjadi contoh bagi anggota TNI AD lainnya,” tegasnya.

Meski demikian, Johny Paul Johannes Pelupessy mengakui ada pelanggaran yang dilakukan anggota TNI AD diluar satuan Pomdam VI/Mlw dan pada umumnya tindakan meninggalkan tugas tanpa pemberitahuan melewati jangka waktu yang telah ditentukan aturan (Desersi) dan laka lalin.

Dikatakannya, dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, Polisi Militer TNI AD dalam melakukan rekrutmen anggota sangat selektif, hal ini berkaitan dengan tugas Polisi Militer TNI AD yang melakukan pengamanan VVIP dan protokoler kenegaraan.

“Jadi prajurit-prajuritnya yang memang terpilih dan terbaik, sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tukasnya.

 

Share.
Leave A Reply