Kodam
Prajurit dan PNS Kodam VI/Mulawarman melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022, yang dilangsungkan di lapangan apel Makodam VI/Mlw. Jumat (28/10/2022).

Prajurit Dan PNS Kodam VI/Mlw Peringati Hari Sumpah Pemuda

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Prajurit dan PNS Kodam VI/Mulawarman melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022, yang dilangsungkan di lapangan apel Makodam VI/Mlw. Jumat (28/10/2022).

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dipimpin langsung oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan S.I.P., M.M., ini ditandai dengan Pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan pembukaan UUD Negara RI tahun 1945, pembacaan Putusan Konggres Pemuda-Pemudi Indonesia tahun 1928, menyanyikan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Pembacaan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, Menyanyikan lagu Bangun Pemudi Pemuda dan Pembacaan Doa.

Dalam pembacaan putusan Konggres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Jong Java, Jong Sumatera, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia; berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Kasdam VI/Mlw ketika membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Prof. Dr. Zainudin Amali, S.E., M.Si., menyampaikan bahwa, Hari Sumpah Pemuda Ke-94 kali ini mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa Bersatu Padu adalah Harga Mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan Ketangguhan dan Persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi Bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *