Pemkot
Plt Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Manuntung Balikpapan PDAM, Agus Budi Prasetyo

PTMB Akan Gelontorkan Rp60 M Untuk Ganti Pipa Keropos

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) Kota Balikpapan selaku operator Perusahaan Daerah Air Minum di Kota Balikpapan berencana akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp60 miliar untuk melakukan pergantian pipa tua yang saat ini masih digunakan.

Salah satunya di pipa transmisi dari arah km 12, ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) km 8 maupun dari km 12 ke IPA Damai.

Plt Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Manuntung Balikpapan PDAM, Agus Budi Prasetyo mengatakan, pipa transmisi yang ditanam sejak tahun 80-an pada umum sudah mengalami pengeroposan sehingga kerap mengalami kebocoran. Dan akibatnya distribusi air ke pelanggan mengalami gangguan.

“Jadi bukan diperbaiki lagi, harusnya ada pergantian. Karena memang pipanya ternyata sudah keropos, pipa transmisi harusnya mesti diganti 5 atau 10 tahun lalu. Karena kalau kita urusin bocor terus, disini dibaikin, ditempat lain bocor,” ujarnya, Kamis (12/1/2023).

Tahun 2023 ini, kata Agus, Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) Kota Balikpapan akan mengupayakan secara bertahap pergantian pipa transmisi. Hal ini dilakukan agar sumber air baku yang dimasukkan ke pabrik menjadi optimal, sehingga supply ke masyarakat bisa semakin meningkat.

“Kita prioritas dari km 12 ke km 8 dulu. Belum bisa langsung tuntas, sehingga akan kita lakukan secara bertahap,” tegasnya.

Sementara itu, pipa transmisi dari km 12 ke km 8 memiliki panjang 4 km.

Dengan diameter sebelumnya 600 ml, yang akan dinaikkan menjadi 800 ml oleh Perumda Tirta Manuntung Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *