Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Sebagai pengelola Proyek Strategis Nasional (PSN) RDMP RU V Balikpapan, PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) menerima kunjungan dari PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang juga merupakan bagian dari Sub Holding Refinery & Petrochemichal Pertamina. Kunjungan perusahaan yang bergerak di bidang Industri Produk dari Pengilangan Minyak Bumi dan Industri Bahan Kimia ini bertujuan untuk mengetahui konfigurasi serta keseimbangan bahan dalam proses produksi paska proyek RDMP RU V Balikpapan, khususnya ketersediaan bahan baku untuk kilang TPPI, dimana salah satunya saat ini diperoleh dari produk hasil pengilangan RU V Balikpapan.

Seperti kita ketahui bersama, proyek RDMP RU V Balikpapan memiliki ikon primadona yaitu unit Residual Fluid Catlytic Cracking (RFCC). RFCC merupakan sebuah unit yang berfungsi untuk meningkatkan profitabilitas kilang Pertamina melalui pengolahan residu menjadi produk bernilai tinggi. Unit yang diharapkan beroperasi di tahun 2024 ini dirancang memiliki kapasitas produksi sebesar 90.000 barrel/hari. Sementara itu produk utama yang dihasilkan PT TPPI berupa produk petroleum dan aromatic sebagai turunan dari produk petrokimia yang semua bahan baku nantinya dimiliki oleh PT KPB paska operasi.

Presiden Direktur PT TPPI, Erwin Widiarta dalam sambutannya menyampaikan jika perusahaan yang memiliki kilang operasi di Tuban Jawa Timur tersebut secara komersial dapat menghasilkan produk yang bahan bakunya berasal dari Kilang Balikpapan, “Kunjungan kami kesini untuk melihat secara langsung proses di lapangan bagaimana dinamika dan produk-produk petrokimia yang dihasilkan oleh Proyek RDMP RU V Balikpapan nantinya’’, ungkap Erwin yang didampingi jajaran Direksi PT TPPI lainnya.

Sementara itu, Plt Direktur Utama PT Kilang Pertamina Balikpapan, Djoko Koen Soewito menyampaikan apresiasi terhadap kunjungan PT TPPI ini, “Terimakasih atas kunjungannya ke PT KPB, sinergi Pertamina Group ini sangat baik dan saling menguntungkan antar anak Perusahaan di Sub Holding Refinery & Petrochemical”, ujarnya.

Sinergi Pertamina Group dapat mendorong terciptanya peningkatan kapabilitas dan kapasitas di anak Perusahaan atau afiliasi Pertamina agar mampu bersaing di pasar bebas dan mendatangkan sumber pendapatan baru serta efisiensi perusahaan sehingga akan memberikan nilai tambah secara laba konsolidasi Pertamina.

Share.
Leave A Reply