Tingkatkan Budaya Baca, Bunda Literasi Launching Gerakan 1 Posyandu 1 Pojok Baca

PASER – Dua hari setelah sukses melaksanakan Launching “Gerakan Paser Membaca” bersama 1.000 Siswa SD se Kabupaten Paser, Bunda Literasi Sinta Fahmi Fadli, S.AP, kembali melaksanaan kegiatan serupa yaitu Launching “Gerakan 1 Posyandu 1 Pojok Baca” bertempat di Ruang Pertemuan Kecamatan Pasir Belengkong bersama 250 orang Kader Posyandu. Jum’at, 24 Juni 2022.

Bunda Literasi Sinta Fahmi Fadli, S.AP, mengatakan bahwa Launching “Gerakan 1 Posyandu 1 pojok baca” bertepatan dengan adanya pembinaan posyandu di yang dihadiri Kader Posyandu dari 15 Desa se Kecamatan Pasir Belengkong. Adanya pojok baca bertujuan sebagai tempat belajar dan bermain bagi anak-anak, oleh karena itu, pojok baca menjadi tempat yang menyenangkan bagi balita yang telah selesai melakukan kegiatan posyandu.

Menurut Sinta, Inisiatif tersebut muncul saat meninjau kegiatan Posyandu, saya mengamati saat  proses posyandu balita, balita hanya bermain untuk melatih daya kreativitas saja. Saya ingin membuat gerakan baru yaitu ketika  posyandu, balita dan orang tua bisa menghabiskan waktu membaca dan melatih kecerdasan otak anak. Karena fase emas kecerdasan otak pada anak yaitu pada masa balita. Sehingga, saya berinisiatif membuat pojok baca di posyandu guna menambah minat gemar membaca, saya berharap akhir Tahun 2022 semua Posyandu sudah memiliki Pojok Baca.

Sinta menambahkan, Kegiatan yang dilakukan ialah mengajak dan menemani balita bermain sambil belajar. Terdapat beberapa permainan yang telah tersedia di pojok baca agar balita tidak merasa bosan dan takut ketika di posyandu. Selain bermain, para balita juga diajak untuk belajar bersama. Saya berharap agar pojok baca dapat terus berjalan lancar dan menjadikan posyandu sebagai tempat yang menyenangkan bagi para balita.

Semntara itu Ketua Pokja Bunda Literasi Kasrani mangatakan, sangat mendukung Inovasi yang dibuat Bunda Literasi bersama Pokja dan GPMB Kabupaten Paser, sebagai Inovasi yang sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan minat baca untuk mewujudkan Generasi Emas di Kabupaten Paser.

“Kegiatan belajar dilakukan dengan cara menebak warna benda, menyebutkan nama hewan, buah dan lain-lain. Tidak hanya itu, Kader Posyandu juga diharuskan membacakan dongeng kepada para balita menggunakan buku yang telah tersedia di pojok baca, mari kita bersama dukung Gearakan 1 Posyandu 1 Pojok Baca, sebagai upaya percepatan menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)”. Kasrani mengakhiri penjelasannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: