USBD di Balikpapan Diikuti 22.216 Pelajar SD dan SMP

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Ujian Sekolah Berbasis Daerah (USBD) di Kota Balikpapan diikuti seluruh murid SD kelas 6 dan pelajar SMP kelas 9 total siswa yang mengikutinya ada sebanyak 22.216 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Purnomo mengatakan, ada sebanyak 12.401 ribu murid SD di Balikpapan mengikuti ujian sekolah dan untuk murid SMP sebanyak 9.813 orang.

“Untuk SD dilaksanakan i di 136 Sekolah Negeri, 50 Sekolah Swasta, 24 MI dan 20 Sekolah Inklusi,” ujarnya, Senin (9/5/2022).

Sedangkan untuk pelajar SMP dilaksanakan di 23 Sekolah Negeri, 54 Sekolah Swasta, 15 MTS dan 5 Sekolah Inklusi.

“Khusus Inklusi dipusatkan di SMPN 5, kalau SLB kewenangan Pemerintah Provinsi,” ucapnya.

Untuk USBD ini, lanjutnya, Tim daerah yang menetapkan soalnya, kemudian dilakukan uji coba. Khusus untuk tingkat SMP pelaksanaan ujian dengan menggunakan jaringan.

“Semua SMP sudah menggunakan smartphone dengan menggunakan aplikasi untuk pelaksanaan ujian. Jika mereka tidak mempunyai handphone untuk aplikasi, maka disiapkan komputer di sekolah. Aplikasi ini dipelihara oleh sekolah sendiri,” jelasnya.

Menurutnya, kesiapan sekolah sudah siap melaksanakan USBD. Apalagi semua sekolah sudah melakukan uji coba beberapa kali sebelum pelaksanaan USBD baik dari pelajar maupun dari jaringan.

“Mudah-mudahan hasilnya maksimal untuk Kota Balikpapan,” paparnya.

USBD sendiri sebagai pengganti ujian nasional yang sejak tahun ini mulai berlaku. Sehingga, nilai yang akan digunakan untuk mendaftarkan ke tingkat selanjutnya dengan menggunakan nilai USBD ditambah dengan nilai ujian semester sebelumnya.

“USBD ini sebagai standar kelulusan. Dengan tidak adanya lagi ujian nasional, maka kami harus menyiapkan standar daerah. Jadi tim kami membuat standar untuk kelulusan,” ucapnya.

Ditambahkan Purnomo, mata pelajaran pada pengganti ujian nasional ini sebanyak 10 mata pelajaran untuk tingkat SMP dan sembilan mata pelajaran untuk tingkat SD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: