Kodam VI Mlw
Komandan Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah, Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han melakukan peresmian pemanfaatan air bersih Program TNI AD Manunggal Air di Awang Landas Desa Sungai Buluh Kecamatan Labuan Amas Utara Kab.Hulu Sungai Tengah. Selasa (06/02).

Warga Dusun Awang Landas Tidak Kesulitan Air Bersih Lagi

image_pdfimage_print

Barabai, Gerbangkaltim.com – Komandan Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah, Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han melakukan peresmian pemanfaatan air bersih Program TNI AD Manunggal Air di Awang Landas Desa Sungai Buluh Kecamatan Labuan Amas Utara Kab.Hulu Sungai Tengah. Selasa (06/02).

Sebelum meresmikan pemanfaatan air bersih Program TNI AD Manunggal Air, terlebih dahulu mengikuti Zoom Meeting dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang melakukan _launching_ Program TNI AD Manunggal Air 2024 dari Desa Yendello, Kecamatan Patani, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

KSAD dalam sambutannya mengatakan,”Program TNI AD Manunggal Air merupakan program yang sudah berjalan selama dua tahun terakhir, dengan tujuan membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih.”

Sampai dengan saat ini sudah 1.898 titik air bersih yang dibuat melalui Program TNI AD Manunggal Air di seluruh Indonesia termasuk keberadaan 120 titik di Kalimantan Selatan serta 10 titik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, termasuk yang diresmikan Dandim hari ini (Selasa, 6/2).

Selain meresmikan air bersih Program TNI AD Manunggal Air, Dandim juga melaksanakan komunikasi sosial dengan masyarakat Awang Landas dan menyampaikan, “Program TNI AD Manunggal Air ini memang menjadi prioritas dari bagian tugas TNI AD dalam upaya untuk membantu meringankan kesulitan air bersih yang terjadi pada masyarakat, terlebih bagi yang tinggal di daerah rawa dan tepian Sungai serta pada saat musim kemarau”.

Sebelum adanya fasilitas air bersih ini, masyarakat Awang Landas harus menyeberang menggunakan perahu untuk mengambil air bersih yang berada dititik rumah lainnya.

“Harus berjuang menyeberang menggunakan perahu dulu baru bisa mendapatkan air bersih dekat rumah warga yang lain, disamping itu, tak jarang pihaknya juga harus menggunakan air rawa untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, mencuci, dan sebagainya” jelas Dandim.

Sementara itu Kepala Desa Sungai Buluh Suriani, menyampaikan,” Awang Landas merupakan anak desa Sungai Buluh, RT.09, terdapat 30 Kepala Keluarga dan masyarakatnya semua hidup di atas permukaan air.

“Meskipun hidup di atas air, warga masih kesulitan air bersih, karena lingkungan di sini merupakan daerah rawa dan dibibir sungai,ā€¯ucapnya.

Dengan adanya sumur sebagai titik sumber air bersih ini, warga Masyarakat Awang Landas sangat bersyukur dan sangat berterima kasih kepada jajaran Kodim 1002/HST yang telah memberikan fasilitas air bersih.

Turut mendampingi Dandim, Pasiterdim 1002/HST Kapten Inf Moh. Alip Suroso, Camat Labuan Amas Utara, Kapolsek Kasarangan, Bati Tuud Koramil 1002-08/Lau, Kepala Desa Sungai Buluh dan Babinsa Awang Landas.Pendam VI/Mlw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANL-MEI
hosting terpercaya
tes