Inovasi di Paser Masih Berfokus pada Tata Kelola Pemerintahan

PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Paser Muksin mengatakan Indeks inovasi daerah di Kabupaten Paser Tahun 2020 masih berfokus pada inovasi tata kelola pemerintahan.

“Indek Inovasi daerah Kabupaten Paser Tahun 2020 sebesar 1814 dengan kategori Kabupaten Sangat Inovatif. Indeks inovasi daerah di Kabupaten Paser Tahun 2020 masih berfokus pada inovasi tata kelola pemerintahan,” kata Muksin saat acara penghargaan lomba inovasi daerah di Pendopo Kabupaten, Selasa (24/08/2021).

Meski demikian, kata Muksin, Indeks daya saing daerah Kabupaten Paser Tahun 2020 masih masuk kategori sedang dengan nilai sebesar 1.882. Namun aspek ekosistem inovasi di Kabupaten Paser berada pada kategori rendah yakni 1,122.

“Yang berarti bahwa inovasi yang ada di Kabupaten Paser belum maksimal meningkatkan produktivitas masyarakat dan memberikan nilai tambah pada produk-produk daerah,” imbuh Muksin.

Jumlah Inovasi daerah sesuai dengan Standar Inovasi Daerah Kabupaten Paser sebagaimana dalam Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Rancangan Inovasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser, pada Tahun 2020 sebanyak 18 Inovasi dari 8 perangkat daerah dengan status uji coba dan penerapan.

“Dan pada Tahun 2021 sebanyak 37 inovasi, yang terdiri dari 28 inovasi dari 9 perangkat daerah, dan 9 inovasi oleh masyarakat,” ujar Muksin.

Muksin berharap adanya banyak inovasi dari perangkat daerah dan masyarakat sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah.

Lomba inovasi dimaksudkan dapat merangsang dan mewadahi aksi kreatif dan inovatif masyarakat Kabupaten Paser dalam usaha mempermudah dan mengatasi masalah yang ada di Lembaga pemerintahan maupun di masyarakat.

“Melalui lomba ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing daerah Kabupaten Paser baik di tingkat regional maupun global menuju Kabupaten Paser yang maju, adil, dan sejahtera,” ucap Muksin. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *