Buah kedondong ternyata punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News)

Lima Manfaat Konsumsi Buah Kedondong untuk Kesehatan Tubuh

BUAH kedondong umumnya sangat mudah didapatkan di berbagai negara Asia Selatan dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Teksturnya yang keras dengan rasa asam yang khas sering kali dijadikan pelengkap lalapan atau rujak.

Tapi tahukah kamu, buah kedondong ternyata tak sekadar memanjakan lidah, buah ini ternyata punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/5/2022), berikut lima manfaat kedondong.

  1. Meningkatkan Imunitas
    Dalam satu potong buah kedondong mengandung kadar vitamin C sekitar 30 mg. Apabila Anda mengonsumsi setidaknya dua buah potong kedondong, maka kebutuhan harian akan vitamin C Anda dapat terpenuhi.

Dengan terpenuhinya kadar vitamin C, hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kadar vitamin C yang cukup mampu membantu sel-sel pertahanan tubuh dalam menjalankan fungsinya.

  1. Menjaga Kesehatan Mata
    Buah kedondong mengandung vitamin A sebanyak 233 IU. Karena itulah, kedondong bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Vitamin A juga berperan dalam pembentukan fotoreseptor rhodopsin atau fotopigmen yang ditemukan pada sel batang di retina, yang akan membantu mata untuk melihat di malam hari.

Bila kebutuhan vitamin A dalam tubuh tidak tercukupi, gejala yang paling sering muncul salah satunya adalah rabun senja.

  1. Menangkal Radikal Bebas
    Kedondong merupakan buah yang mengandung zat antioksidan yang memiliki manfaat untuk menetralisir radikal bebas.

Jumlah radikal bebas yang terlalu berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan Anda rentan terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit kanker, aterosklerosis, katarak, dan lainnya.

  1. Mencegah Penuaan Dini
    Selain dapat menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah kedondong juga bisa membantu mencegah penuaan dini.

Penuaan dini dapat menyebabkan wajah tampak terlihat lebih tua sebelum waktunya. Tanda penuaan dini di wajah bisa berupa kerutan garis halus dan muncul bintik hitam di kulit.

  1. Membantu Kendalikan Kolesterol
    Vitamin C yang terkandung dalam buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah untuk membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Vitamin C dapat membantu metabolisme kolesterol di tubuh untuk menjadi asam empedu. Dengan begitu, kolesterol di dalam darah menjadi lebih stabil, sehingga terhindar dari risiko kesehatan yang lebih serius.

Sumber : PMJ NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: