Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Askompsi (Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) memasukan nama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H Muhaimin, ST, MT sebagai salah satu nominasi untuk memperoleh Digital Leadership Government (ADLG) Award 2024.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakot Balikpapan, Andi Sri Juliarti mengatakan, nama Sekda Kota Balikpapan H Muhaimin, ST, MT masuk dalam nominasi Digital Leadership Government (ADLG) Award 2024 ini, bukan dari sisi organisasinya tetapi personal sebagai Sekda> Namun bagaimana yang bersangkutan bisa memimpin atau sebagai leader bisa menggerakkan seluruh timnya dengan menggunakan mindset digital.

“Selama ini pihak sudah merasakan bagaimana kepemimpinan Muhaimin memimpin tim secara digital, contohnya adalah penggunaan e office. Jadi, semua surat-surat arahan diterima melalui e office sehingga mendukung program paperless, dalam hal pengurangan penggunaan kertas,” ujarnya, usai menerima rombongan Visitasi penilaian askompsi digital leadership government awards 2024, Kamis (13/6/2024).

“Pak sekda juga cepat jadi dalam sistem tersebut kita ada jamnya itu bisa lihat bagaimana cepat sekali responnya, menjawab dan mendiskusikan kembali kami kepada para asisten,” tambahnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H Muhaimin, ST, MT Muhaimin mengatakan, penilaian Digital Leadership Government (ADLG) Award 2024 ini bukan semata-mata mencari kemenangan atau menjadi juara. Tapi bagaimana komitmen Pemda khususnya Sekda koordinator SPBE dalam memberikan pelayanan yang tepat, cepat dan memadai khususnya di bidang pelayanan digital.
“Dari penilaian ini, kita bisa mengevaluasi sejauh mana pelayanan berbasis, digital yang diberikan baik internal dan eksternal,” tegasnya.

Muhaimin menambahkan, setelah visit penilaian pada 27 Juni nanti ada pemaparan di Kemendagri. Yang mana ada tiga kota Balikpapan, Cimahi dan Mojokerto dinilai.

“Jadi Kota masuk tiga besar finalis,” jelasnya,

Sementara itu, ADLG Award 2024 merupakan sebuah wujud apresiasi terhadap leadership seorang Sekretaris Daerah Berkinerja Digital. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan Perpres Nomor 82 Tahun 2023 Tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional dan Surat Edaran Kemendagri SE No.000.9.3.2/82/SJ Tentang Peran Pemerintah Daerah Dalam percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang menyebutkan bahwa Sekretaris Daerah adalah Koordinator SPBE.

Mekanisme penilaian dilakukan dengan berbasis aplikasi, mulai dari pendaftaran, pengukuran Indeks Digital Leadership dan Indeks Digital Capability Daerah. Kemudian dilanjutkan dengan paparan bagi kandidat yang lolos seleksi di depan Menteri Dalam Negeri RI, lalu validasi lapangan, penilaian akhir dan pengumuman pemenang penghargaan.

Share.
Leave A Reply