presiden
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau sejumlah proyek di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022).

IKN Dibangun Dengan Konsep Kesetaraan, Jokowi: Pembangunan Tak Boleh Hanya di Jawa

Jakarta, GerbangKaltim.com – Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah wujud perubahan peradaban Indonesia dengan menghadirkan konsep pembangunan Indonesia Sentris.

Presiden Joko Widodo menjelaskan, dengan perekonomian pembangunan IKN maka pembangunan dan angka pembangunan daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya tergantung pada Pulau Jawa.

 “Indonesia perlu keadilan ekonomi, sekali lagi ada 17 ribu pulau, bukan hanya satu pulau,” ujar Jokowi, di Jakarta, Selasa (18/10/2022).

“Perlu pembangunan pembangunan, perlu pemerataan pembangunan. Ini yang ingin kita hadirkan yaitu dengan membangun Ibu Kota Nusantara,” lanjutnya.

Jokowi melanjutkan, Nusantara dibangun dengan konsep kota pintar masa depan berbasis alam dengan 70 persen area di IKN merupakan area hijau.

Adapun lahan yang digunakan dalam pembangunan IKN saat ini merupakan hutan produksi monokultur dengan satu jenis pohon yaitu pohon eukaliptus yang ditebang setiap enam sampai tujuh tahun sekali.

“Itu hutan produksi yang setiap enam tahun, tujuh tahun ditebang. Ini yang kita ingin kembalikan,” jelasnya.

“Nantinya kita ingin jadi hutan heterogen dengan pohon asli dan endemik Kalimantan, sehingga kita berharap nanti menjadi hutan hujan tropis lagi, hutan hujan tropis lagi di Kalimantan,” ujarnya.***

Sumber:PMJNews.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *