TNI AU
Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Inong Fadjar Prasetyo beserta rombongan tiba di Base Off Lanud Dhomber untuk selanjutknya melakukan kunjungan ke IKN Nusantara di Kabupaten PPU, Kaltim, Rabu (1/2/2023).

KASAU Tegaskan TNI AU Akan Bangun Aerodrome di IKN

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Inong Fadjar Prasetyo beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim.

“Kunjungan ini adalah kunjungan kerja saya sebagai Kepala Staf TNI AU utamanya untuk meninjau lokasi Markas Besar Angkatan Udara di IKN,” ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, disela-sela kunjunganya ke IKN Nusantara, Kaltim, Rabu (1/2/2023).

Kedatangan orang nomor satu di TNI AU di Base Off Lanud Dhomber dengan menggunakan pesawat TNI AU ini disambut langsung Pangkoopsau II Makassar Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra, Pangdam VI Mulwarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto dan Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Sidik Setiyono.

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menambahkan, dalam kunjungan ini ia ingin melihat langsung situasi lokasi Mabes TNI AU yang ada di IKN.

“Jadi saya ingin melihat situasinya, termasuk juga rencana pembangunan Lanud disana,” tegasnya.

Fadjar Prasetyo menambahkan, di lokasi IKN ini juga akan dibangun suatu kawasan di daratan danlatau perairan dengan batas-batas tertentu yang hanya digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas atau Aerodrome.

“Kita akan membangun suatui aerodrome di IKN yang nantinya akan berada di bawah TNI AU,” ucapnya.

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) menegaskan, di IKN nantinya juga akan dibangun bandara, namun hanya akan digunakan untuk kegiatan militer dan kepresidenan.

“Sedangkan untuk bandara sipil kewenangannya berada di bawah Kemenhub, sedangkan saya khusus untuk meninjau rencana pembangunan pangkalan udara,” tukasnya.

Di IKN juga akan ada Mabes, Kotama, Lanud, dan Kosek yang semuanya digunakan untuk pertahanan udara di IKN Nusantara.

Dalam kunjungan ini rencananya Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Inong Fadjar Prasetyo juga akan meresmikan Gedung Graha Lanud Dhomber Balikpapan dan mengunjungi TK Angkasa Balikpapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLANL-MEI
hosting terpercaya
tes