Penting bagi kita untuk mewaspadai hal-hal yang mungkin menjadi gejala awal kanker. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

Waspada, Ruam Pada Kulit Bisa Jadi Gejala Kanker Payudara

KANKER payudara merupakan jenis kanker kedua yang paling umum di antara wanita di Amerika Serikat (AS). Kanker payudara juga penyebab utama kematian akibat kanker di antara wanita di 130 negara di seluruh dunia.

Seperti dilansir dari laman Bestlife Online, Selasa (31/5/2022), American Cancer Society menjelaskan gejala kanker payudara yang paling umum adalah benjolan atau massa baru.

“Massa keras yang tidak nyeri yang memiliki tepi tidak beraturan lebih mungkin merupakan kanker, tetapi kanker payudara juga bisa lunak, bulat, lunak atau bahkan menyakitkan,” demikian laporan American Cancer Society.

Benjolan payudara juga bisa menjadi gejala kondisi nonkanker seperti kista atau infeksi. Mungkin mengejutkan Anda mengetahui bahwa ruam juga bisa menandakan kanker payudara.

“Penting untuk diingat bahwa sebagian besar ruam yang ditemukan di payudara tidak terlalu mengkhawatirkan,” terang praktisi perawat onkologi Shelly Beckley, APN.

“Saya selalu merekomendasikan wanita untuk menghubungi tim medis mereka setiap kali mereka melihat ada perubahan pada payudara mereka, apakah itu benjolan baru atau ruam kulit,” sambungnya.

Ruam dapat menandakan banyak kondisi yang berbeda. Infeksi, alergi, sengatan panas, virus, dan stres semuanya dapat menyebabkan ruam, begitu juga kanker payudara.

“Ada dua jenis ruam yang mungkin mengindikasikan kanker payudara,” tukas Beckley.

Sumber : PMJ NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: