Lima Kali Tertunda, AKD DPRD Balikpapan Akhirnya Terbentuk

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – DPRD Kota Balikpapan akhirnya telah membentuk Alat Kelengkapan Dewan atau AKD DPRD Balikpapan setelah sempat sebanyak 5 kali mengalami penundaan.

Rapat penyusunan AKD DPRD Balikpapan ini digelar secara tertutup, dimana dalam rapat tersebut ditetapkan komposisi pimpinan untuk tiap AKD.

Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh memimpin langsung rapat tersebut yang dihadiri seluruh anggota DPRD Balikpapan di ruang rapat paripurna DPRD Kota Balikpapan.

“Pasti ada yang merasa tidak puas. Tapi Alhamdulillah dengan terbentuknya AKD, semua legowo, terakomodir semua dan kembali semangat bekerja demi rakyat Kota Balikpapan,” ujarnya, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Rabu (23/3/2022).

Terkait, berbelit-belitnya pembentukan AKD karena berbagai kendala internal. Abdulloh yang merupakan Politisi Senior Partai Golkar menegaskan hal tersebut merupakan hal yang wajar.

“Kalau ada riak kecil, hal biasa dalam organisasi. Bukan dianggap kendala,” jelasnya.

Terkait rentang waktu yang dibutuhkan dalam membentuk AKD tergolong lama. Abdulloh mengatakan, pembahasan AKD harus dihadiri seluruh fraksi. Jika ada salah satu fraksi yang tidak berada ditempat maka tidak bisa dilaksanakan.

“Enggak juga. Sengaja dijeda waktunya karena ada beberapa kegiatan sehingga tidak memungkinkan dilakukan.bKan harus lengkap kalau (membahas) AKD,” paparnya.

Abdullah juga memastikan, setelah AKD resmi terbentuk, maka DPRD Kota Balikpapan dapat langsung tancap gas dalam bekerja. Utamanya menyelesaikan program kerja terdekat, yakni, menyongsong IKN. Setiap mitra komisi punya agenda kerja, seperti pembangunan infrastruktur dan lainnya.

“Ini yang perlu direalisasikan,” ungkapnya.

Adapun rincian empat ketua komisi dan empat ketua badan ialah, Ketua Komisi I Laisa Hamisa dari Fraksi PKS, Ketua Komisi II dijabat Suwanto dari Fraksi PDI Perjuangan.

Kemudian, Ketua Komisi III dijabat Alwi Al Qadri dari Fraksi Golkar Include Hanura serta Ketua Komisi IV dijabat Doris Eko dari Fraksi Golkar.

Sementara Badan Pembentukan Peraturan Daerah diketuai Andi Arief Agung, kemudian Badan Musyawarah serta Badan Anggaran diketuai Abdulloh, serta Badan Kehormatan dijabat Ali Munsjir.

Berikut, komposisi pembentukan pimpinan dan anggota Komisi-komisi DPRD Kota Balikpapan Periode ke II sisa masa jabatan tahun 2019-2024:

Komisi I – Bidang Pemerintahan, Pertahanan dan Hukum

Ketua : Laisa Hamisa
Wakil Ketua : Simon Sulean
Sekretaris : Puryadi
Anggota : Andi Arief Agung,
HM Johny Ng,
Muhammad Najib R,
H Aminuddin,
Sri Hana,
H Iwan Wahyudi

Komisi II – Bidang Ekonomi, Keuangan, Anggaran, Pariwisata dan Perdagangan

Ketua : Suwanto
Wakil Ketua : Nelly Turuallo
Sekretaris : H Ali Munsjir Halim
Anggota : Fadilah,
Hj Fitriati,
Pantun Gultom,
H Amin Hidayat,
H Danang Eko Susanto,
Capt M Hatta Umar,
Taufik Qul Rahman

Komisi III – Bidang Pembangunan, Lingkungan Hidup dan Perhubungan

Ketua: Alwi Al Qadri
Wakil Ketua: Fadlianoor
Sekretaris: H Kamaruddin
Anggota: Hj Suwarni,
Syarifuddin Oddang,
H Haris,
Syukri Wahid,
Siswanto Budi Utomo,
Mieke Henny,
Nurhadi Saputra

Komisi IV – Bidang Kesejahteraan Rakyat, Pendidikan dan Kesehatan

Ketua: Doris Eko Rian Desyanto
Wakil Ketua: Ardiansyah
Sekretaris: Asrori
Anggota: Suriani,
Hj Kasmah,
Wiranata Oey,
Yohanis Patiung,
Muhammad Taqwa,
Rahmatia,
Sandy Ardian, Hasanuddin,
Parlindungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: