Pemkot
Kepala Kesbangpol Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra

Penyangga IKN, Balikpapan Harus Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan mendukung sepenuhnya kegiatan orientasi kerukunan umat beragama dalam menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Kesbangpol Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengatakan, Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik dilaksanakannya orientasi kerukunan umat beragama dalam menyongsong IKN.

“Kegiatan ini selain sebagai forum silaturahmi lintas agama, juga sebagai sarana yang strategis dalam rangka memperkuat kerukunan antar umat beragama,” ujar, Sabtu (5/11/2022).

Dikatakannya, dialog dan komunikasi lintas agama ini merupakan sesuatu hal yang mutlak harus senantiasa dikembangkan, khususnya dalam upaya menyikapi perubahan zaman yang sangat cepat di era globalisasi seperti saat ini.

“Ini juga dalam rangka menyambut kehadiran IKN di Kaltim,” akunya.

Sebagai Kota Penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, katanya, maka sudah semestinya warga Kota Balikpapan menyadari perannya untuk memberikan contoh kepada daerah lainnya tentang kerukunan hidup antar umat beragama yang saling menghormati dan menghargai.

“Saya meminta dukungan dari para tokoh lintas agama untuk membantu menyuarakan pesan damai dalam hidup beragama terhadap masing-masing umatnya,” pintanya.

“Kegiatan yang melibatkan umat dari lintas agama saya harapkan dapat dilaksanakan semakin semarak di Kota Balikpapan,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dalam setiap kesempatan mengatakan bahwa Kota Balikpapan memiliki penduduk yang heterogen sehingga komunikasi antar umat beragama di Kota Balikpapan sangat penting dalam rangka mewujudkan kerukunan antar umat beragama.

“Saya berharap bisa bersama-sama menjaga kerukunan di Kota Balikpapan, apalagi Balikpapan ke depan akan menjadi penyangga IKN,” ujarnya.

Menurut Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, persatuan dan kesatuan jauh lebih penting sebagai modal yang harus jaga, sehingga bisa Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar.

“Untuk menjadi bangsa yang besar, maka persatuan dan kesatuan sangatlah penting untuk dijaga,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *