Tour Library Berakhir, di tutup Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur

PASER – Sebagai informasi, Library Tour Se-Kaltim diikuti Kepala Perpustakaan dari Samarinda, Kukar, Balikpapan, Panajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser. Juga diikuti Duta Baca Indonesia Gol A Gong, Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kaltim Syafruddin Pernyata, Ketua GPMB Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur.

Library Tour Kaltim 2022 ini merupakan kegiatan perdana. Yang merupakan program dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kalimantan Timur, yang dilaksanakan pada tanggal 19-23 Juni 2022 dengan mengambil beberapa lokasi. Yaitu Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya di Kota Tenggarong, Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.

Menurut Plt. Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi, Taufik “Tujuan utama pelaksanaan dari Tour Library adalah untuk mengoptimalkan kerja sama dan sinergisitas pelaksanaan kegiatan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca masyarakat di Kalimantan Timur antara Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota serta Pengurus GPMB Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur,” jelas Taufik.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser Yusuf Sumako, didampingi Pengurus GPMB Kabupaten, Pengusus GPMB Long Ikis, Camat Long Ikis, Kapolsek Long Ikis, Lurah Long Ikis, Kepala SMP 1 Long Ikis, bertempat di SMP 1 Long Ikis mengatakan “kami melaksanakan penjemputan Rombongan Tour Library sebagai tujuan akhir Library Tour dimulai pada tanggal 21 sd 23 Juni 2022, di Kabupaten Paser, kami bersama GPMB Paser telah menyusun kegiatan-kegiatan literasi yang luar biasa, kami yakin peserta Tour Library di Paser akan merasa puas berada di Paser. Ujarnya.

Menurut Ketua GPMB Kabupaten Paser Kasrani, adapun kegiatan yang dilaksanakan dimulai di SMP 1 Long Ikis, dengan membuka layanan Perpustakaan Keliling dari 9 Mobil Pusling Kab/Kota, pencerahan oleh Duta Baca Nasional bagi siswa SMP 1 Long Ikis, dilanjutkan malam ramah tamah dengan Bupati Paser dan Bunda Literasi, Kepala OPD, Pegiat Literasi.

Pada acara itu hadirin disuguhkan Angklung dan tari-tarian Nusantara. Tanggal 22 Juni dilaksanakan Launcing Paser Membaca, dengan 1.000 Anak SD, Seminar dengan Narsum Duta Baca Nasional “Gol A Gong” dan Ketua GPMB Provinsi Kalimantan Timur Syafruddin Pernyata, dan Kelas coaching kelas literasi, Pameran Literasi, malam harinya dilanjutkan dengan Perstival Literasi Budaya dan di tanggal 23 Juni diisi dengan Lomba Mengambar kemudian dilaksanakan Penutupan.

LibraryTour Se Kalimantan Timur ditutp oleh Taufik Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur didampingi Ketua GPMB Kasrani, dan penyerahan Cendramata dari Bupati Paser.
Kasrani menambahkan peserta Library Tour se-Kaltim, Peserta 1.000 Anak, Guru dan pengunjung yang hadir cukup antusias mengikuti kegiatan-kegiatan yang sangat padat.

Tentang kegiatan Library Tour di Paser, Kasrani menjelaskan, kegiatan ini perdana digelar. Di mana dirangkai dengan berbagai kegiatan, yang memenuhi unsur peningkatan yaitu layanan Informasi, keterlibatan masyarakat, dan promosi perpustakaan ke khalayak umum.

“Kami inginkan Gerakan Memasyarakatkan Membaca harus sampai ke rumah-umah melalui  tersedianya Pojok Baca di rumah-rumah, kami yakin melalui budaya baca akan mempercepat terwujudnya Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: